Home » Blog » Batik Mega Mendung Model Baju Pria Wanita Sarimbit Couple
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll
Posted in Kain Batik

Batik Mega Mendung termasuk karya seni bangsa Indonesia yang jadi ikon dan identik dengan daerah Cirebon serta wilayah Indonesia lainnya. Mega Mendung sebagai salah satu motif batik di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dibanding dengan motif lain. Bahkan, pihak pemerintah yang mengurusi tentang masalah budaya sedang berusaha menjadikan motif batik ini agar diakui oleh dunia sebagai warisan dunia dengan mendaftarkan ke UNESCO. Motif ini bahkan telah dikenal luas hingga ke mancanegara. Sebagai salah satu buktinya, motif ini pernah dijadikan sebagai cover pada sebuah buku dengan judul ‘Batik Design’ yang ditulis oleh Pepin van Roojen. Ia berkebangsaan Belanda. Kini, seiring perkembangan mode, terdapat berbagai model baju yang menggunakan motif Mega Mendung.

Batik mega mendung motif cirebon

Batik mega mendung motif cirebon

Model Baju Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung merupakan sebuah wujud karya luhur dan sarat akan makna. Menurut sejarah, motif ini mengacu pada sejarah dari kedatangan bangsa China di Cirebon. Hal ini terkait dengan adanya Muara Jati sebagai sebuah pelabuhan sehingga menjadi persinggahan bagi para pendatang baik dari dalam maupun luar negeri. Kegiatan membatik awalnya dikerjakan oleh anggota tarekat yang pusatnya ada di Banjarmasin. Dari hasil membatik di keraton inilah mereka membiayai gerakan kelompok tarekat. Unsur utama dari motif ini awalnya hanya warna biru yang diselingi dengan warna merah. Kombinasi keduanya sebagai gambaran dari maskulinitas dan kedinamisan, sebab pada proses pembuatan terdapat campur tangan dari laki-laki. Sesuai dengan sejarah, motif ini awalnya dikerjakan oleh laki-laki yang menjadi anggota tarekat. Kini, sesuai dengan permintaan pasar, motif ini banyak mengalami perkembangan dan modifikasi yang menciptakan bermacam-macam model baju.

 

  1. Kemeja Pria Motif Mega Mendung

Batik Mega Mendung yang jadi ikon kota Cirebon, kini banyak dipakai oleh kaum pria sebagai busana resmi, selain jas dan kemeja. Model baju dengan motif ini biasanya dibuat dengan memadukan corak khas dari Mega Mendung yang terlihat menyerupai awan. Kemeja pria dengan motif Mega Mendung dibuat menjadi dua model, yaitu lengan panjang dan lengan pendek. Model kemeja untuk pria dengan motif Mega Mendung sebagian menggunakan desain body fit yang memadukan warna menarik dari corak batik, kemudian dibuat menjadi lebih modern. Dengan adanya modifikasi ini maka akan cocok untuk dipakai oleh kaum muda.

 

Batik Mega Mendung model kemeja untuk pria yang lebih dewasa, maupun telah menikah dibuat dari motif yang lebih tradisional. Jenis kain yang dipilih untuk membuatnya juga diambil dari jenis bahan kain yang lebih mengkilap dan permukaan kain pun halus. Sehingga, kaum pria yang memakainya untuk menghadiri sebuah pesta terlihat mewah dan mempesona.  Model ini memang menjadi salah satu busana pilihan dalam menghadiri acara-acara resmi di kantor atau acara pernikahan. Selain pilihan tadi, pria dewasa juga banyak yang mengkombinasikan antara motif Mega Mendung dengan kain polos untuk memperlihatkan kesan berbusana lebih modern.

 

 

  1. Gamis Wanita Modern Motif Mega Mendung

Kini, kaum hawa memilih untuk menggunakan gamis dari Batik Mega Mendung sebagai sebuah alternatif untuk menghadiri acara-acara pesta atau acara resmi lainnya. Adanya perkembangan dari motif Mega Mendung tidak lepas dari campur tangan para desainer yang ada di Indonesia. Desainer tersebut, melalui kreativitasnya, memadukan kain polos maupun jenis kain lain dengan kain batik motif Mega Mendung. Sehingga, tercipta sebuah gamis yang bisa memperlihatkan sisi kecantikan dan keanggunan dari kaum hawa.

 

Warna-warna yang biasa digunakan pada model gamis dipilih warna-warna kalem kemudian dikombinasikan dengan corak khas modern dari Mega Mendung, sehingga bisa tampil dengan cantik dan menarik. Warna umum yang digunakan dalam gamis dengan motif Mega Mendung yang modern adalah warna ungu, orange, merah, atau warna biru. Corak tradisional dari Mega Mendung memberikan kesan unik namun tetap modern bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan bagi kaum hawa dalam hal berbusana.

 

  1. Batik Mega Mendung Model Baju Sarimbit

Istilah sarimbit mengacu pada model baju batik bagi pasangan yaitu wanita dan pria yang memiliki corak dan motif yang sama. Desain baju yang digunakan oleh pria biasanya model baju kemeja, sedangkan untuk wanita berbentuk gamis. Warna senada terlihat ketika digunakan pasangan wanita dan pria sehingga menimbulkan kesan kekompakan dan keharmonisan. Warna biru sebagai salah satu ciri khas Mega Mendung bisa dijadikan sebagai pilihan. Kaum pria bisa memadukan kemeja batik dengan celana warna gelap, yang paling serasi adalah warna hitam.

 

Jenis kain yang dipilih untuk model baju Batik Mega Mendung adalah kain katun sehingga nyaman ketika digunakan. Pada model gamis, model kerah menggunakan model kerah Shanghai. Sedangkan kancing dipilih model kancing bungkus. Sebagai pelengkap dan pemanis dari model gamis ini terdapat sabuk yang bisa dilepas. Di bagian belakang gamis digunakan karet supaya ketika digunakan oleh kaum wanita bisa kelihatan lebih slim. Harga untuk sepasang baju ini biasanya dipatok dengan harga 200 ribuan. Model baju ini sangat cocok dipakai ketika menghadiri acara-acara formal, salah satunya undangan pernikahan. Meskipun memakai baju batik, namun tetap terkesan trendi dan modern.

 

  1. Batik Couple Kombinasi

Model baju selanjutnya dari motif Batik Mega Mendung adalah baju batik couple kombinasi. Bahan yang dipilih adalah bahan kain katun yang ketika digunakan terasa adem sehingga nyaman saat dipakai. Baju batik couple modern kombinasi ini merupakan baju batik dimana pria menggunakan model kemeja dan untuk wanita memakai gamis dengan kombinasi antara brokat dengan kain dengan motif Mega Mendung. Kain katun tadi dikombinasikan dengan brokat berlapis furing. Sedangkan kancing ada di depan dengan karet pinggang di belakang. Sebagai sentuhan terakhir dan manis terdapat sabuk yang dapat dilepaskan.

 

Para desainer merancang model baju couple motif Batik Mega Mendung dengan ukuran all size dan panjang baju gamis berkisar pada ukuran 137 cm. Sedangkan untuk kemeja pria mempunyai ukuran paling kecil hingga paling besar. Sepasang baju ini dipatok dengan harga sekitar 200 ribuan. Konsumen juga bisa membeli secara terpisah tanpa harus membeli sepasang, gamis saja atau baju pria saja dengan harga masing-masing.

 

Demikian ragam baju model Batik Mega Mendung yang mempunyai nilai filosofis mendalam di dalamnya. Pesan yang terkandung dalam motif ini berupa kesabaran. Di dalam motif ini digunakan 7 gradasi warna sebagai pelapis. Gradasi tersebut terdiri dari warna biru tua hingga biru muda. Istilah Mega Mendung sendiri memiliki makna. Mega yang artinya awan, sedangkan ‘Mendung’ layaknya langit yang sedang meredup ketika akan hujan. Gradasi warna yang berjumlah tujuh tadi sebagai cerminan dari 7 lapisan yang terdapat di langit. Mendung sendiri mempunyai filosofi pada kehidupan manusia yaitu agar bersifat sabar.

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Bank Accounts
Expeditions
Download Aplikasi Batik S128