Home » Blog » Batik Tulis Online, Sebelum Belanja Kenali Dulu Proses Pembuatan Batik Tulis
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll

Masyarakat Indonesia tentunya sudah sangat familiar dengan seni batik. Bagaimana tidak? Seni tradisional yang satu ini telah dinobatkan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu. Semenjak saat itu semakin banyak orang yang mengenakan batik di Indonesia. Batik mendapatkan apresiasi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Penjualan batik baik yang tulis maupun cetak pun semakin meningkat. Seiring dengan meningkatnya jumlah orang yang ingin memakai batik. Terlihat antusiasme warga Indonesia untuk mengenakan batik dalam setiap kesempatan. Bahkan juga mulai muncul orang yang berjualan batik tulis online. Selain berjualan batik tulis online, seni yang satu ini juga mulai diajarkan di sekolah atau institusi pendidikan. Dalam pelajaran seni rupa, anak-anak diajarkan untuk membatik. Tentunya langkah untuk membuat batik tulis sebenarnya tidak terlalu mudah. Dibutuhkan ketelatenan yang tinggi ketika akan melakukan hal ini. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat batik tulis yang wajib diketahui sebelum belanja batik tulis online.

Batik Tulis Online Solo, Motif Klasik Wahyu Tumurun

Batik Tulis Online Solo, Motif Klasik Wahyu Tumurun

Batik tulis online, foto tampak lebar

Batik tulis online, foto tampak lebar

 

batik tulis online shop dijual dalam bentuk kemeja pria lengan pendek

batik tulis online shop dijual dalam bentuk kemeja pria lengan pendek

 

batik tulis online shop tempat belanja batik populer

batik tulis online shop tempat belanja batik populer

Proses Pembuatan Batik Sederhana

  1. Molani

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat batik tulis adalah molani. Pada tahap ini, kita menggambar pola atau desain batik sendiri. Desain yang digambar bisa mengikuti tren yang sedang booming atau bisa juga berdasarkan motif daerah atau sesuai dengan kreasi sendiri. Setiap daerah biasanya memang memiliki corak batiknya masing-masing. Setiap corak tersebut akan memiliki maknanya sendiri. Misalnya saja untuk motif batik Liong khas Pekalongan. Dahulu di Pekalongan terdapat banyak etnis Tionghoa yang menetap disana. Tidak hanya tinggal tetapi mereka juga ikut berpartisipasi terhadap kebudayaan Indonesia. Salah satunya yakni membatik. Setelah itu diciptakanlah batik tulis Liong yang jika diperhatikan berbentuk seperti naga.

Bahan kain batik tulis motif modern kipas, batik tulis online murah

Bahan kain batik tulis motif modern kipas, batik tulis online murah

batik tulis online murah, foto tampak panjang

batik tulis online murah, foto tampak panjang

  1. Melukis pola

Pada tahap molani, anda masih menggunakan pensil untuk menggambar pola di kain. Sedangkan di tahap melukis, maka alat yang digunakan adalah canting dan juga lilin malam yang telah dicairkan. Tentu kita semua sudah cukup familiar dengan tahapan yang satu ini. Pasalnya memang tahap melukis dengan canting ini yang membuat batik tulis sangat populer. Inilah juga mengapa proses pembuatan batik tulis cukup memakan waktu yang lama dan juga membuat harganya menjadi tinggi selangit.

batik tulis solo online model baju batik wanita motif burung merak

batik tulis solo online model baju batik wanita motif burung merak

batik tulis solo online model blouse wanita terbaru

batik tulis solo online model blouse wanita terbaru

  1. Menutupi bagian putih kain

Proses tentunya tidak berhenti sampai disitu saja. Masih banyak langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan selembar kain batik yang indah. Langkah berikutnya adalah menutupi bagian putih pada kain. Bagian putih ini merupakan bagian yang tidak terkena pola atau desain. Lilin malam digunakan untuk menutupi bagian ini. Untuk bagian yang kecil atau sempit, kita bisa menggunakan canting. Sedangkan untuk bagian yang luas, kita bisa menggunakan kuas. Tujuannya adalah untuk melindungi bagian yang dilapisi lilin ketika dicelupkan pada larutan perwarna.

  1. Proses pewarnaan

Sebelum membeli batik tulis online mungkin anda sudah sering mendengar proses pembuatan batik tulisyang sangat panjang dan memakan waktu lama. Proses pewarnaan ini masuk ke dalam proses yang panjang tersebut. Cara mewarnai batik tulis yang dibuat secara manual tentunya tidak mudah. Ada beberapa tahap dari proses pewarnaan. Untuk proses yang pertama, setelah bagian kain yang tidak boleh terkena warna dilapisi lilin, kain kemudian dicelupkan pada warna tertentu. Setelah itu kain dikeringkan dan dijemur. Langkah yang satu ini bertujuan untuk member warna pada bagian yang tidak tertutup lilin.

 

  1. Melukis kembali

Kain yang sudah diwarnai dan dikeringkan kemudian dilukis lagi pada bagian yang telah berwarna. Proses pelukisan ini tentuya kembali menggunakan canting. Tujuannya untuk mempertahankan pewarnaan pada tahap pertama. Setelah proses melukis ulang ini selesai, maka kain dicelup lagi untuk proses pewarnaan yang kedua. Selanjutnya, kain batik tulis yang telah dilukis kembali kemudian melewati proses pewarnaan lagi. Setelah proses pewarnaan selesai, saatnya untuk membersihkan lilin yang menempel pada kain. Caranya mudah yakni dengan meletakkan kain diatas tungku yang sudah ada air panasnya.

 

  1. Proses pembatikan kembali

Meskipun proses pembuatan batik tulis sudah melewati tahap yang sama berulang kali, tetapi masih ada lagi proses yang harus dilakukan untuk menghasilkan karya seni yang sempurna. Kali ini setelah lilin yang menempel pada kain tidak ada lagi, maka dilakukan lagi proses pembatikan kembali. Proses ini dilakukan dengan cara membuka dan menutup lilin malam supaya warna pertama dan kedua tidak terkontaminasi. Proses membuka dan menutup lilin malam ini menyesuaikan dengan banyaknya warna yang ada pada motif atau sesuai keinginan.

  1. Nglorot

Langkah ini menjadi langkah terakhir dalam proses pembuatan batik tulis. Nglorot sendiri merupakan proses dimana kain yang warnanya telah berubah direbus dengan menggunakan air panas. Proses ini bertujuan unutk menghilangkan lapisan lilin malam yang masih menempel. Motif batik yang telah dibuat pun dapat terlihat dengan jelas. Setelah semua proses telah selesai dilakukan dengan runtut, maka batik tulis pun sudah siap untuk dipasarkan. Tetapi sebaiknya jangan lupa untuk mencuci dan menjemur kain batik yang baru jadi ini.

Memang perlu diakui bahwa proses pembuatan batik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Inilah mengapa harga batik tulis cukup tinggi di pasaran. Penjualan batik tulis online tidak hanya diminati di dalam negeri saja. Pasar luar juga sudah mulai melirik kerajinan khas Indonesia ini. Siapa yang bisa menahan tidak membeli kain batik yang indah dan cantik. Bukan hanya sekedar koleksi, batik juga bisa dimanfaatkan menjadi macam-macam busana. Sehingga anda tidak perlu khawatir terlihat kuno dan membosankan ketika mengenakan batik. Karena sekarang batik juga sudah dirancang menjadi macam-macam busana. Misalnya seperti kemeja, dress, kaos, hingga rok dan celana. Ada juga scarf atau kerudung yang bermotif batik. Selain itu motif batik juga semakin dimanfaatkan dalam pembuatan barang lainnya seperti tas atau dompet.

Telah cukup terbukti bahwa apresiasi masyarakat Indonesia kepada seni batik memang semakin tinggi, apalagi tren penjualan batik tulis online yang terus meningkat. Bahkan sekarang juga semakin sering diadakan seminar-seminar mengenai batik yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai batik Indonesia. Jenis-jenis motif batik yang dulunya hanya boleh digunakan oleh keturunan Sultan sekarang sudah mulai digunakan oleh khalayak ramai. Ini menjadi pertanda bahwa batik semakin universal. Beberapa institusi pendidikan serta instansi juga telah menggunakan batik sebagai seragam wajib mereka. Seiring perkembangan zaman juga, makin banyak orang yang berjualan batik tulis online. Tidak heran jika batik semakin mudah dijangkau. Ada juga orang yang berjualan batik kreasi terbaru dengan motif logo tim sepakbola atau logo lainnya. Menarik sekali bukan? Bisa dikatakan bahwa batik tulis merupakan sebuah kreasi milik bangsa Indonesia yang patut kita jaga dan lestarikan.

harga batik tulis asli memang mahal tapi berkelas elegan dan puas memilikinya

harga batik tulis asli memang mahal tapi berkelas elegan dan puas memilikinya

 

Batik tulis Sidomukti Buket, harga batik tulis asli memang premium

Batik tulis Sidomukti Buket, harga batik tulis asli memang premium

 

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Bank Accounts
Expeditions
Download Aplikasi Batik S128