Home » Blog » Eksistensi Batik Keris Dari Masa ke Masa
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll

Pada tahun 1946 di daerah Sukoharjo, Jawa Tengah berdiri sebuah perusahaan yang digagas oleh Kasoem Tjokrosaputro yang diberi nama Batik Keris. Perusahaan yang bergerak di bidang tekstil ini menghasilkan beberapa produk baju dengan mengedepankan motif batik. Seperti yang kita ketahui bahwa batik merupakan salah satu warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia yang sudah diakui dunia. Maka dari itulah perusahaan ini didirikan untuk melestarikan budaya batik tersebut.

Batik Keris

Batik Keris

Untuk menunjang kebutuhan pasar akan ketersediaan bahan baku, pemegang saham mendirikan PT. Dan Liris yang fokus untuk memproduksi benang, pertenunan, finishing pewarnaan serta konveksi pakaian jadi. Pemilik saham, Kasoem Tjokrosaputro menjelaskan bahwa Dan Liris memiliki filosofi seperti rintik air hujan yang tak kunjung reda. Maka dari itu besar harapan kepada PT. Dan Liris untuk dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang tiada henti bagi seluruh masyarakat.

 

Selain menjaga warisan leluhur, keberadaan Batik Keris juga dapat membantu kesejahteraan masyarakat dengan terus menciptakan lapangan pekerjaan baru. Hal inilah yang memotivasi pemegang saham terus melakukan pengembangan demi pengembangan guna sedikit mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

 

Sejak awal berdiri, hingga saat ini perusahaan tekstil ini terus berkembang dengan mempekerjakan puluhan ribu karyawan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Saat ini Batik Keris memiliki 27 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Konsistensi dalam menciptakan suatu produk tekstil dengan melestarikan warisan budaya batik menjadi salah satu faktor yang menyebabkan usaha ini terus berkembang dari waktu kewaktu. Batik kini sudah benar-benar mendunia.

 

Mengenal Berbagai Jenis Motif Batik Keris

Batik merupakan  warisan budaya yang menjadikan Indonesia dikenal dunia. Motif batik Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang kental akan filosofis yang sangat tinggi. Motif Batik melambangkan harmonisasi antara manusia dengan alam. Untuk membuat satu lembar kain batik dibutuhkan beberapa alat seperti media kain, malam dan juga canting.

 

Membuat motif batik bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kesabaran serta kreativitas seni yang tinggi. Para pengrajin batik biasanya memperoleh kemampuan dalam membatik secara turun temurun. Adapun beberapa motif batik di Indonesia yang biasanya dihasilkan oleh masyarakat Indonesia, antara lain:

  • Motif batik Sekar Jagad

Motif batik sekar jagad memiliki filosofis yang tinggi. Sekar Jagad melambangkan kecantikan, keragaman serta keindahan di seluruh dunia. Sehingga bagi siapa pun yang melihat motif batik motif ini pasti akan terpesona.

  • Motif batik Truntun

Motif batik Truntun, diciptakan oleh Kanjeng Ratu Kencana. Motif batik ini memiliki makna cinta yang tumbuh kembali. Umumnya kain batik motif truntun, digunakan oleh para orang tua pasangan pengantin pada saat melangsungkan hari pernikahan dengan harapan pada saat mengarungi bahtera rumah tangga, kedua mempelai agar senantiasa  terus menumbuhkan cinta kasih mereka (tumaruntum).

  • Motif Batik Sido Mukti

Motif batik sido mukti, merupakan salah satu motif batik yang umum dibuat oleh golongan para pembatik. Didalam bahasa Jawa, sido memiliki arti jadi, menjadi atau terlaksana. Sedangkan pada motif batik sido mukti sendiri memiliki makna agar apa yang diinginkan dan dicita-citakan dapat tercapai sehingga dapat mencapai kebahagiaan lahir dan batin.

 

Setiap motif batik memiliki makna yang berbeda-beda. Batik Keris selaku perusahaan yang bergerak di bidang tekstil khususnya batik mencoba melestarikan motif-motif batik tersebut serta memperkenalkannya bukan hanya pada masyarakat Indonesia saja, namun juga ke kancah Internasional.

 

Produk yang Dihasilkan Batik Keris

Berkembangnya dunia fashion saat ini, juga menginspirasi para pengrajin batik untuk menciptakan suatu produk yang semakin baik kualitasnya. Disamping itu pula, Batik Keris selaku produsen berusaha untuk terus berekspansi untuk menciptakan suatu trend mode terbaru namun tidak meninggalkan ciri khas dari batik tersebut. Tidak mudah memang, namun seiring dengan berjalannya waktu, baju dengan nuansa motif batik mulai dibuat dengan berbagai desain yang lebih modern. Sehingga dapat dikatakan semakin hari, peminat produk batik kian bertambah.

 

Bukan hanya itu saja, penggunaan kualitas bahan untuk yang digunakan juga sangat diperhatikan. Bahan dasar utama yang digunakan untuk memproduksi produk pakaian batik yaitu  Prima, Primissima, Mori Biru, Tayon, Georgette, Flanel, Nylon, Sifon, dan Sutera. Dari bahan-bahan tersebutlah, mampu menghasilkan beberapa produk pakaian yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja  hingga dewasa.

 

Produk Batik Keris untuk wanita biasanya terdiri dari dress batik, blouse batik, outer, kaftan serta beberapa produk lainnya. Sedangkan untuk pria terdiri dari kemeja batik, polo t-shirt batik, kaos batik. Seiring dengan perkembangannya, Batik Keris tidak hanya bergerak memproduksi pakaian saja, perusahaan tekstil ini juga memproduksi beberapa kerajinan khas nusantara seperti tas untuk wanita, koleksi aroma therapy, topi, scraft dan juga dekorasi rumah.

 

Memang jika dibandingkan dengan jaman dahulu, batik hanya digunakan untuk beberapa acara resmi saja. Namun, saat ini trend batik sudah mulai berubah. Batik kini menjadi salah satu fashion icon Indonesia yang begitu diminati. Pasalnya keunikan dari motif batik menjadi daya tarik sendiri, ditambah lagi dengan sentuhan desain yang lebih modern semakin menjadikan batik menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

 

Pemasaran Batik Keris

Dalam memasarkan produk Batik Keris menggunakan metode pemasaran online dan konvensional. Khusus untuk pemasaran secara konvensional, perusahaan tekstil ini telah membangun beberapa gerai yang tersebar di dalam negeri dan luar negeri. Untuk gerai resmi yang ada didalam negeri tersebar di beberapa kota di Indonesia, antara lain Yogyakarta, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya, Tangerang, Pekanbaru, Palembang, Medan, Manado, malang, Makasar, Lombok, Jambi, jakarta, Depok, Cirebon, Bogor, Bekasi, Banjarmasin, Balikpapan dan Bali. Sedangkan untuk pemasaran di luar negeri, yang terbesar adalah USA dan MEE maupun di Timur Tengah serta beberapa negara Asia lainnya.

 

Untuk pemasaran secara online, para pembeli dapat melihat koleksi produk melalui website resmi Batik Keris. Disana Anda dapat melihat berbagai katalog terbaru yang telah dikeluarkan. Anda juga tak perlu khawatir, katalog produk yang ada diwebsite tersebut juga terus update. Sehingga lebih mempermudahkan konsumen di berbagai kota yang tidak terdapat gerai resmi. Selain itu, banyak juga pembeli yang berasal dari luar negeri yang memanfaatkan media online untuk membeli salah satu koleksi yang sedang di pasarkan. Batik Keris juga bekerjasama dengan beberapa e-commerce untuk semakin mempermudah masyarakat dalam berbelanja di Batik Keris. Semua produk yang dijual juga sama dengan yang ada di gerai resmi.

 

Untuk menjaga eksistensi hingga puluhan tahun, dan terus berkembang ke kanca Internasional bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan suatu ketelitian dalam membaca pasar serta konsistensi dalam menciptakan produk tanpa mengurangi nilainya. Selain itu seiring dengan berkembangnya waktu ke arah yang semakin modern, tentunya dalam menciptakan suatu produk yang berasal dari kain batik dibutuhkan kreativitas yang tertinggi serta selalu berinovasi. Itulah yang dilakukan Batik Keris.

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Bank Accounts
Expeditions
Download Aplikasi Batik S128