Home » Blog » Gambar Batik Motif Indonesia Asli
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll
Posted in Kain Batik

Batik merupakan kain bergambar yang diproses melalui pembuatan dan pengolahan khas dan diturunkan dari generasi ke generasi. Proses kreatif di balik pembuatannya menghasilkan warisan tak ternilai yang dimiliki oleh Indonesia dan menjadi salah satu kebanggaan negeri ini. Batik sendiri telah diakui UNESCO pada 2 Oktober 2009 sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Teknik pertama yang digunakan dalam pembuatan batik sendiri merupakan teknik tradisional dengan menerakan malam pada kain dan dikenal dengan batik tulis. Pada masa yang lebih modern, teknik pembuatan batik berkembang mengikuti perkembangan zaman yang ada. Meskipun demikian, setiap batik memiliki penggemarnya tersendiri. Teknik yang sedemikian rupa pun akhirnya menghasilkan beragam gambar batik yang semakin memperkaya warisan kebanggaan ini.

 

Ragam Gambar Batik yang Populer di Indonesia

Mulanya, gambar yang tertuang dalam batik tidaklah beragam. Ragam yang ada pun terpengaruh dari berbagai negara asing. Terlebih, beberapa corak dan warna yang ada hanya boleh digunakan oleh orang-orang tertentu saja. Bangsa Eropa dan Tionghoa diketahui merupakan bangsa yang memberikan pengaruh dalam corak dan warna yang ada. Meskipun demikian, beberapa batik tradisional umumnya tetap dipertahankan dan digunakan dalam upacara adat. Hal tersebut dikarenakan setiap corak dan warna yang ada memiliki simbol tertentu yang memungkinkan batik ini tetap lestari di masyarakat. Seiring dengan semakin dikenalnya batik di masyarakat Indonesia, ragam batik pun makin bertambah dan seringnya, setiap daerah memiliki batik khasnya sendiri. Terlepas dari banyaknya batik yang ada, berikut adalah beberapa gambar batik populer yang dikenal luas.

  1. Batik Mega Mendung

Batik khas kota Cirebon ini memiliki corak gambar awan yang dituangkan secara apik di atas kain. Warna gelap umumnya menghiasi warna batik yang satu ini. Meskipun Cirebon memiliki beberapa batik dengan motif cukup bervariasi, Mega Mendung merupakan salah satu dari sekian banyak batik yang dikenal masyarakat.

Batik mega mendung bahan paris

Batik mega mendung bahan paris

  1. Batik Pekalongan

Pekalongan memang dikenal sebagai salah satu sentral pembuatan batik yang dikenal masyarakat luas. Kebanyakan gambar batik yang dituangkan pada kain terpengaruh dari beberapa kebudayaan luar melalui perdagangan. Posisi kota yang strategis membuat banyak orang yang datang akhirnya bermukim dan mempengaruhi motif batik. Berbagai bentuk fauna dan tumbuh-tumbuhan seringnya menghiasi batik cantik satu ini.

 

  1. Batik Kawung

Motif satu ini telah dikenal sejak dahulu dan merupakan salah satu motif batik tertua yang ada di Indonesia. Motif yang ditorehkan sendiri berasal dari buah kawung atau lebih dikenal dengan buah aren. Dahulu, pemakaian batik ini dibatasi untuk kalangan tertentu saja. Namun kini, batik Kawung merupakan batik milik semua kalangan.

Gambar batik kawung

Gambar batik kawung

  1. Batik Parang

Era Mataram Kartasura dikenal sebagai awal dikenalnya gambar batik yang satu ini. Motif ini dikenal memiliki filosofi untuk tidak pernah menyerah seperti ombak laut yang sangat dinamis pergerakannya. Dua jenis batik parang yang terkenal adalah batik Parang Rusak dan Parang Barong.

 

Gambar batik parang

Gambar batik parang

 

Gambar Batik parang kupu

Gambar Batik parang kupu

 

Batik motif gambar parang pari

Batik motif gambar parang pari

 

  1. Batik Keraton

Motif batik Keraton terdapat dalam berbagai ragam. Namun, beberapa di antaranya lebih dikenal luas oleh masyarakat. Motif batik ini dulunya termasuk dalam batik eksklusif di mana hanya keluarga Sultan saja yang boleh memakainya. Alasan ke-eksklusif-an batik satu ini dikarenakan keluarga keraton sendirilah yang menemukan motifnya. Namun, jangan khawatir.  Ketentuan pemakaian batik untuk kalangan tertentu ini telah ditiadakan, sehingga rakyat biasa pun dapat memakainya secara bebas.

 

  1. Batik Solo

Batik yang berasal dari Solo umumnya dikenal dengan sebutan batik sogan. Warna batik yang kecoklatan menjadi ciri khas batik satu ini. Batik solo sendiri masih menggunakan cara tradisional dengan menggunakan pewarna dari bahan-bahan alami.

 

  1. Batik Sekar Jagad

Salah satu motif khas Indonesia berupa gambar batik sekar jagad ini datang dari Yogyakarta. Terdapat beberapa pendapat dalam makna yang terkandung dalam batik ini. Salah satunya adalah makna keindahan atau kecantikan yang akan membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. Penafsiran yang lain yaitu bahwa  “kar jagad” memiliki arti peta dunia dalam bahasa Jawa, sehingga motif yang ditorehkan berbentuk pulau-pulau.

Gambar batik sekar jagad klasik

Gambar batik sekar jagad klasik

  1. Batik Jepara

Selain dikenal akan keindahan kerajinan ukir kayu yang dimiliki, Jepara juga memiliki motif batik tersendiri. Motif yang ada pun dibedakan menjadi dua macam: motif lama dan motif baru. Pada motif lama, pola lung hitam, gajah cokelat, daun ulir hijau, dan flora serta fauna umumnya menghiasi kain batik yang ada. Sedangkan motif baru merupakan batik tulis yang banyak ditemui ragamnya.

 

  1. Batik Tasik

Tanah sunda juga memiliki batik yang menjadi ciri khas daerahnya, salah satunya berasal dari Tasikmalaya. Berbagai gambar batik yang ada di Tasikmalaya umumnya berkaitan dengan alam, berbentuk rerumputan, dan bisa juga mengambil inspirasi dari fauna.

 

  1. Batik Malang

Batik yang berasal dari kota Malang, Jawa Timur ini dikenal dengan pewarnaan motifnya yang cerah. Misal saja, warna dasar biru akan ditimpa dengan warna putih yang kemudian warna putih tersebut akan ditimpa oleh warna merah. Kombinasi yang demikian menjadikannya menambah daftar panjang batik cantik yang ada di Indonesia. Pada batik Malang, pola tanaman atau sImbol-simbol khas kota Malang seperti candi umumnya mendominasi.

 

  1. Batik Cuwiri

Batik Cuwiri menggunakan zat warna soga alam dalam pembuatannya. Pemakaian gambar batik yang satu ini menggambarkan tingginya tingkat derajat yang dimiliki dan biasanya digunakan pada upacara adat tertentu. Mitoni atau tradisi memperingati tujuh bulan usia kandungan dalam  rakyat Jawa merupakan salah satu upacara adat di mana batik ini digunakan. Selain itu, batik Cuwiri dapat digunakan sebagai kemben dan semekan.

 

  1. Batik Sudagaran

Batik yang satu ini awalnya merupakan ragam batik yang tidak dapat digunakan oleh rakyat biasa karena dimiliki oleh keluarga Keraton saja. Karena adanya ketentuan tersebut membuat seniman dari para saudagar menciptakan suatu motif yang serupa tapi tak sama dengan yang dimiliki Keraton. Niat utama pembuatan batik ini yaitu agar dapat digunakan oleh rakyat biasa. Kesan berani dapat dirasakan dari pemilihan corak dan kombinasi warna pada penggunaan  terhadap satwa dan  alam sekitar untuk motif batiknya.

 

  1. Batik Sidomukti

Ragam gambar batik yang satu ini sering ditemui dalam upacara pernikahan sebagai busana pengantin. Motif satu ini umumnya banyak digunakan oleh para pengrajin batik. Makna yang ada dalam batik Sidomukti ini adalah harapan agar mencapai kebahagiaan secara lahiriah dan batiniah.

Gambar Batik Sidomukti

Gambar Batik Sidomukti

 

Batik tulis sidomukti boket

Batik tulis sidomukti boket

  1. Batik Sidoluhur

Seperti halnya batik Sidomukti, batik yang satu ini juga merupakan motif yang banyak digunakan oleh pengrajin batik yang ada di Indonesia. Makna yang terkandung dibaliknya adalah supaya yang memakai dapat memiliki hati dan pemikiran yang luhur sehingga dapat berguna bagi sesama dan Bangsa.

 

Gambar Batik Sidoluhur

Gambar Batik Sidoluhur

 

Gambar batik sidoluhur gringsing

Gambar batik sidoluhur gringsing

 

 

  1. Batik Petani

Kemunculan batik ini berasal dari tangan-tangan terampil ibu rumah tangga. Pembuatan batik ini seringnya dijadikan selingan saja ketika tidak pergi ke sawah. Hasil yang ada pun akhirnya memberikan kesan kaku dan dan tidak halus. Namun hal ini tentunya memberikan warna tersendiri dalam ragam gambar batik di Indonesia.

 

Demikianlah ragam gambar batik yang ada di Indonesia dan dikenal luas oleh masyarakat. Kita sebagai pewaris asli batik sudah sepantasnya untuk melestarikan supaya batik tidak kalah bersaing di pasaran luas. Memakai batik dalam berbagai kesempatan merupakan salah satu hal mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga warisan sejarah ini. Oleh karenanya, mari bangga mengenakan batik.

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Bank Accounts
Expeditions
Download Aplikasi Batik S128