Home » Blog » Gamis Batik Inovasi Gaya Kombinasi
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll

Batik merupakan warisan budaya yang tak ternilai milik bangsa Indonesia. Penggunaan batik dalam pakaian pun kerap menghiasi berbagai macam pakaian yang ada, tak terkecuali gamis. Pakaian muslimah yang berupa dress panjang ini umum ditemukan di tengah masyarakat kita yang mayoritas penduduknya muslim. Oleh karena itu, inovasi gamis terus saja bergulir agar tidak membuat pemakaiannya bosan dengan model yang itu-itu saja. Bahan gamis sendiri dapat bermacam-macam dan disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kini, gamis batik merupakan salah satu inovasi yang banyak beredar.

 

Berbagai Inovasi Gaya Gamis Batik

Dari tahun ke tahun, gamis memberikan banyak model pakaian yang dapat dijadikan pilihan dalam berbusana untuk para muslimah. Inovasi dalam gamis yang dipadupadankan dengan batik pun kian beragam dan digandrungi oleh kaum hawa. Pemakaian batik yang fleksibel digunakan dalam berbagai macam pakaian menjadikannya idola yang diburu banyak orang. Inovasi dalam gaya gamis batik yang beredar di masyarakat pun tak lepas dari keterampilan para pekerja industri kreatif bidang fashion. Dalam upaya mengenalkan batik dan gamis di kancah Internasional, tak jarang banyak desainer Indonesia yang mengusung gamis kombinasi batik sebagai busana utama yang diperagakan. Pemilihan batik dan gamis ini tentu tak lepas dari lekatnya kedua hal tersebut dengan kebudayaan pemakaiannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

 

Indahnya Padu Padan Gamis Batik Kombinasi

Salah satu yang sedang digandrungi oleh wanita dari berbagai kalangan adalah perpaduan kain batik kombinasi. Busana yang dihasilkan dapat berupa pakaian formal ataupun non-formal, misal saja untuk menghadiri suatu acara, dipakai ke kantor, dan dipakai dalam keseharian. Warna yang digunakan pada gamis kombinasi ini dapat menggunakan warna yang senada atau juga warna kontras. Pada warna kontras, perhatikan dengan baik-baik perbedaan warna yang akan dipilih agar tidak membuat busana Anda tampak aneh. Jika ingin mengenakan warna senada, pilihan warna yang lebih terang atau lebih gelap dapat dijadikan pilihan. Sebagai contoh, kain batik yang akan digunakan berwarna pink pucat. Jika sudah seperti itu, Anda dapat memilih kain berbahan lain dengan warna pink yang lebih gelap. Perpaduan ini akan terlihat apik jika dilakukan. Untuk berbagai jenis kain yang dapat dijadikan gamis kombinasi, mari kita simak beberapa inovasi pada gaya gamis batik yang banyak dikenakan.

 

  1. Perpaduan Kain Batik dan Kain Polos

Kain polos merupakan salah satu kain yang banyak digunakan sebagai kombinasi gamis berbahan batik. Meskipun kain motif juga ditemui sesekali dalam gamis kombinasi, kain polos lebih digemari dan dirasa lebih cocok jika dipadukan dengan kain batik yang sudah bermotif cantik. Kain polos sendiri dapat dipilih dalam berbagai jenis bahan.

Contoh gamis batik kombinasi kain polos

Contoh gamis batik kombinasi kain polos

 

Baju gamis batik cantik terbaru

Baju gamis batik cantik terbaru

Hal yang dilakukan untuk memadukan kedua kain pun beragam. Terdapat gaya busana yang menempatkan kain batik sebagai atasan yang kemudian disambung dengan kain polos sebagai bawahan. Agar tidak terlihat terlalu kontras, bagian ujung gamis pun dapat diberi sedikit kain batik yang ada. Gaya gamis batik kombinasi yang lain yaitu berkebalikan dengan yang sudah disebutkan. Kain polos dapat juga ditempatkan sebagai atasan dan disambung dengan kain batik. Dapat ditambahkan pula hiasan menyerupai sabuk di pinggang sebagai batas pemisah antara kain batik dan kain polos yang digunakan. Hiasan sabuk ini dapat diambil dari salah satu kain yang akan digunakan.

 

Selain kedua jenis model gamis kombinasi di atas, terdapat satu gaya lagi yang kerap kali ditemui di sekitar kita, yaitu kombinasi kain batik dan polos pada bagian bawah gamis. Umumnya yang ditemui adalah penggunaan batik sebagai bahan utama membuat gamis, lalu ditambahkan kain polos yang lebarnya sedikit lebih kecil ketimbang lebar kain batik. Kedua kain ini pun akan ditumpuk dan memperlihatkan aksen sedikit terbuka pada bagian depan gamis yang memperlihatkan perpaduan antara kain batik dan kain polos. Beberapa cara memadukan kain ini pun dapat digunakan dalam membuat gamis batik dengan kombinasi jenis kain yang berbeda.

 

  1. Perpaduan Kain Batik dengan Kain Katun

Kain katun merupakan kain yang terbuat dari serat kapas. Bahannya yang nyaman dipakai dalam kondisi panas ataupun dingin ini akhirnya membuat kain yang satu ini banyak dijadikan bahan dalam pembuatan pakaian yang dipakai sehari-hari. Penggunaan kain katun sebagai bahan gamis casual yang nyaman dipakai keseharian pun banyak ditemui.

Gamis batik kombinasi kain katun merah

Gamis batik kombinasi kain katun merah

 

Model gamis batik simple sederhana

Model gamis batik simple sederhana

Dewasa ini, kain katun juga banyak dikombinasikan dengan batik. Kain katun jepang merupakan salah satu jenis kain katun yang dapat digunakan. Namun, penggunaan kain katun jenis lain dapat Anda pilih sesuai selera untuk menghasilkan gamis batik yang diinginkan. Selain itu, gamis yang dapat ditemui sehari-hari ini umumnya tidak banyak memiliki aksen hiasan. Model sederhana pun lebih diminati banyak wanita yang suka mengenakan gamis ini dalam kesehariannya. Selain rasa nyaman yang didapat, kombinasi kedua kain ini masih bisa digunakan sebagai busana bepergian.

 

  1. Perpaduan Kain Batik dan Kain Satin

Kain satin memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan licin. Terdapat beberapa jenis satin yang beredar di pasaran seperti satin bridal, satin damask, satin velvet, dan berbagai jenis lainnya. Akhir-akhir ini, satin banyak digunakan sebagai bahan utama jilbab segi empat dan juga pashmina. Tidak hanya berhenti pada penutup kepala ini saja, kain satin juga dapat digunakan untuk dipadukan dengan batik. Kesan anggun pada satin dan batik akan membuat Anda terlihat anggun pula. Tampilan yang diberikan pada perpaduan keduanya dalam gamis batik kombinasi pun terbilang cantik dan banyak diminati oleh kaum muslimah.

 

Untuk kombinasinya sendiri, kain satin dapat dijadikan sebagai gamis polos biasa dari atas hingga bawah. Lengannya dapat Anda buat menjadi tanpa lengan, pendek, atau tetap panjang sesuai yang diinginkan. Selanjutnya, tambahkan kain batik yang dibuat menjadi blazer untuk dikenakan di bagian atas. Perpaduan ini dapat membuatnya terlihat formal dan Anda pun dapat menggunakannya saat bekerja di kantor.

 

  1. Perpaduan Kain Batik dan Brokat

Brokat hadir sebagai pilihan lain dalam memadukan busana dengan batik. Brokat sendiri telah dikenal sejak lama sebagai teman setia batik bawahan atau jarik dalam busana adat Jawa. Maka dari itu, gamis batik yang dikombinasikan dengan brokat pun dapat dijadikan pilihan berbusana bagi para muslimah.

 

Brokat yang digunakan biasanya digunakan sebagai bagian atas gamis. Bagian bawah sendiri akan menggunakan batik, persis seperti pakaian adat yang kita kenal. Meskipun begitu, brokat dapat disambung dengan kain batik dan menjadikannya dress panjang atau gamis. Penggunaan furing pada brokat pun dirasa perlu dilakukan karena bahan brokat yang umumnya menerawang. Tambahan aksen sabuk berbentuk pita pun dapat ikut disematkan untuk menambahkan kesan manis pada gamis batik kombinasi Anda. Namun, jika Anda tidak terlalu suka dengan banyak aksen tambahan, perpaduan brokat dan kain batik saja sudah cukup. Kesan elegan pun dapat dilihat dari perpaduan dua kain ini.

Baju gamis batik warna orange

Baju gamis batik warna orange

 

Model gamis batik terbaru warna biru

Model gamis batik terbaru warna biru

Batik terus memberikan sumbangsihnya dalam dunia fashion di Indonesia. Kemunculan gamis batik sebagai perpaduan gamis dan unsur batik ini menambah kekayaan yang dimiliki bangsa ini. Selain yang telah disebutkan, inovasi dalam gamis kombinasi ini pun telah dikembangkan menjadi lebih banyak lagi gaya dalam berbusana para muslimah di Indonesia. Anda pun dapat membuat gamis kombinasi dengan rancangan baru yang lain dan siapa tahu, Anda dapat menjadi trendsetter berikutnya.

Model gamis batik modern kombinasi slarak (garis-garis) gambar depan

Model gamis batik modern kombinasi slarak (garis-garis) gambar depan

Gambar belakang gamis batik modern kombinasi

Gambar belakang gamis batik modern kombinasi

 

Gamis batik model resleting depan kombinasi kain katun

Gamis batik model resleting depan kombinasi kain katun

Batik gamis modern model kekinian

Batik gamis modern model kekinian

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Fan Page
Bank Accounts
Expeditions
Download Aplikasi Batik S128