Home » Blog » Gamis Batik
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll

Gamis merupakan macam pakaian muslim yang terinspirasi dengan desain ala Timur Tengah, di mana lebih berupa jubah terusan. Di Indonesia, gamis untuk wanita bersifat lebih universal karena memiliki banyak mode, sedangkan gamis untuk pria condong pada model busana India masa kejayaan kerajaan Islam. Fashion gamis terus berkembang dan banyak pilihan.

Gamis Batik

Gamis Batik

Sedangkan batik adalah corak tenun khas Indonesia, yang lebih dikenal sebagai pakaian tradisional di areal Pulau Jawa dan utamanya dari Jawa Tengah, khususnya batik solo. Batik dahulu hanya digunakan untuk menghadiri acara-acara yang bersifat formal, namun berkat kemajuan mode pada saat ini, model-model batik pun semakin berkembang sehingga dapat digunakan dalam berbagai acara.

Fashion Gamis Batik Yang Tengah Digemari

Para inovator dalam dunia mode Indonesia kemudian memiliki ide brilian untuk menggabungkan antara gamis yang memiliki unsur religiusitas kental dengan batik yang sangat tradisional untuk menghasilkan sebuah pakaian fushion yang lebih modern dan dapat digunakan untuk beragam kalangan tanpa terbatas oleh jenis kelamin maupun keyakinan yang dianut.

Sayangnya, perkembangan gamis batik masih agak tersendat pada fashion untuk kaum hawa atau pakaian pasangan di mana untuk pakaian si wanita memang berupa gamis bercorak batik, sedangkan untuk pria lebih berupa kemeja dengan corak serupa dan sama sekali tidak memiliki unsur gamis. Ada banyak referensi gamis batik yang dapat dipilih.

Gamis Batik Untuk Wanita

Sebagaimana dengan model pakaian lain kaum hawa, gamis batik untuk wanita pun memiliki beragam pilihan yang cantik. Gamis batik memiliki karakteristik gaun modern islami yang dapat digunakan untuk menghadiri acara semi formal hingga formal. Berikut adalah beberapa referensi gamis batik untuk perempuan yang dapat dijadikan pilihan outfit untuk dikenakan :

  1. Stunning Red

Warna merah selalu menampilkan kepribadian yang berani dari pengguna pakaian tersebut. Begitu pula dengan gamis batik yang satu ini. Mengusung konsep gamis batik dengan model sleeveless alias tanpa lengan, gamis batik yang satu ini memerlukan dalaman polos saat dikenakan. Warna dalaman harus terkombinasi baik bersama merah seperti yang dikenakan model.

Motif batik yang dibubuhkan sangat khas Jawa yang etnik dengan memilih warna putih sebagai gradasi di atas gamis merah tersebut. Supaya tubuh pemakainya tampak ramping, maka di bagian tengah atau tepat di perut, dibuat agak berkerut supaya agak membentuk lekukan serta menghindari gamis batik itu tampak monoton secara keseluruhan.

Untuk menyempurnakan penampilan, dapat dilengkapi dengan sepatu hak tinggi dengan warna senada dengan gamis batik yang dikenakan. Tidak lupa pula memakai kerudung segi empat yang juga berwarna merah, namun dibentuk sedemikian rupa agar tampak lebih cantik dan mempesona. Tetapi tetap dipastikan bagian tubuh yang tidak boleh ditampakkan tetap tertutup rapat.

  1. Cheerful Orange

Busana gamis batik yang satu ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk mereka yang menyukai warna-warna cerah dan memiliki kepribadian ceria karena akan membantu memperkuat aura yang ditampilkan. Model busananya sendiri terdiri dari dua lapis, yakni dalaman berupa terusan dan outer berupa blazer yang membuat penggunanya tampak sangat elegan.

Untuk terusan di bagian dalam memiliki motif batik modern dengan tiga kombinasi warna motif, yakni abu-abu, putih, dan hitam. Sedangkan outer tanpa kancing dengan model kerutan berwarna oranye total. Panjang outer pun hanya mencapai sepinggang di mana sekaligus pula untuk membentuk garis tubuh tanpa menimbulkan kesan seksi pada pemakai.

Penampilan tersebut dapat disempurnakan dengan memakai hak tinggi berwana silver yang matching dengan terusan. Sedangkan untuk pemilihan kerudung sendiri dapat menggunakan kombinasi dua warna yang memberi tampilan lebih cantik, yakni warna oranye dan cokelat muda. Bentuk secantik mungkin agar membuat penampilan secara keseluruhan semakin outstanding dan menawan.

  1. Elegant Blue

Warna biru identik dengan kesan damai. Begitu pula penerapan dalam gamis batik yang satu ini. Berbentuk terusan dengan pola yang cantik, bagian atas gamis berwarna biru gelap dengan motif batik Jawa di bagian leher dan pergelangan tangan. Motif serupa memenuhi bagian pinggang ke bawah dari gamis batik tersebut.

Perpaduan warna biru tua dan muda menghasilkan busana yang sangat elegan dan berkelas. Pakaian ini cocok sekali digunakan saat pergi bekerja ke kantor maupun menghadiri acara semi formal hingga resmi. Tepat di bagian pinggang sudah cukup membentuk kontur tubuh sehingga tidak perlu ditambahkan aksesoris seperti sabuk.

  1. Glamorous Blue & Green

Gamis batik yang satu ini dipopulerkan oleh salah seorang desainer busana muslim kenamaan negeri ini, yakni Dian Pelangi. Busana ini merupakan salah satu hasil rancangannya yang berkonsep mewah dan elegan namun tidak membuat pemakainya tampak too much yang pasti akan membuat orang-orang di sekitarnya merasa tidak nyaman.

Dian Pelangi memilih kombinasi warna biru dan hijau untuk gamis batik hasil rancangannya ini. Bahan utamanya terbuat dari sutra sehingga memang ditujukan untuk menghadiri acara yang bersifat eksklusif, sesuai dengan banderol harganya yang cukup fantastis. Bagian atas gamis berwarna hijau dengan ukiran batik dan bordir emas di pinggiran pakaian.

Sedangkan, bagian pinggang ke bawah sepenuhnya berwarna biru dan juga memiliki bordiran emas. Untuk menyempurnakan penampilannya, Dian Pelangi mengenakan sepatu berwarna gold yang semakin menunjukkan kemewahan penampilannya dan kerudung segi empat sutra berwarna biru senada dengan bagian bawah gamis yang ia kenakan. Tanpa menambahkan aksesori apa pun, dia tampak sempurna.

  1. Beautiful Pink

Pink atau merah muda memang sangat lekat dengan sosok kaum hawa. Tren fashion gamis batik pun menyadari benar akan hal tersebut sehingga dirilis sebuah gamis batik berwarna pink yang cantik, modis, namun tidak membuat penggunanya terlihat kolokan. Justru, gamis batik yang satu ini memberikan kesan kalem ketika dikenakan.

Gamis batik bermodel terusan ini memiliki corak batik mulai pangkal hingga ujung busana. Bagian atas memiliki ukuran yang pas sesuai dengan bentuk tubuh, sedangkan bagian bawahnya mengembang. Kurang cocok untuk mereka yang kurang tinggi, karena akan dengan jelas menunjukkan permasalahan tinggi badan tersebut. Sedangkan untuk kerudungnya menggunakan jilbab syar’i pink.

  1. Flowery Turqoise

Turqoise adalah warna yang cantik, lembut, namun eksklusif. Begitu pula kesan yang hendak disampaikan oleh gamis batik yang satu ini melalui pemilihan warna tersebut. Supaya warna yang dihasilkan lebih sempurna dengan kilauan yang anggun, maka bahan sutera menjadi pilihan terbaik dalam pembuatan gamis batik ini.

Secara keseluruhan, bentuk gamis tersebut berupa terusan dengan bagian bawah pinggang mengembang, namun memiliki lengan yang menyerupai kelelawar. Untuk pinggang ke atas hanya terbuat dari warna turquoise polos tanpa hiasan apa pun, sedangkan mulai bagian lengan dan pinggang ke bawah, memiliki motif batik bunga-bunga yang sangat indah.

Renda disematkan dibagian pinggang sebagai pengganti sabuk untuk membentuk proporsi tubuh. Warna hijab yang paling tepat untuk dijadikan pilihan adalah turquoise polos dari kategori hijab instan berbahan kaos. Sedangkan, agar memberi sentuhan warna lain supaya tidak terlihat monoton, dapat mengenakan sepatu berwarna soft peach yang bersifat netral.

Referensi Gamis Batik Pasangan

Bagi pasangan yang telah menikah maupun menuju ke jenjang tersebut, tampil mengenakan pakaian kembar dapat menunjukkan keharmonisan. Terlebih jika menghadiri acara-acara yang bersifat formal. Saat ini, banyak gamis batik pasangan yang beredar di pasaran untuk dijadikan pilihan outfit bagi pasangan tersebut. Berikut adalah beberapa referensinya :

  1. Simple Black & Grey

Abu-abu dan hitam. Keduanya merupakan warna yang bersifat netral. Perpaduan kedua warna ini cukup difavoritkan dalam beragam mode pakaian karena memiliki keunggulan tersendiri, di mana mudah memadupadankannya dan juga memberi efek tampilan tubuh yang lebih kurus dibandingkan ukuran badan yang sebenarnya. Sebagaimana ditunjukkan pada gamis batik berikut ini.

Untuk pakaian si pria berupa kemeja lengan pendek berkerah dengan warna hitam dan motif batik Jawa sedangkan set celana yang disertakan berupa celana kain berwarna hitam. Sementara untuk busana si wanita bagian atasnya berwarna abu-abu dengan sentuhan bordir di beberapa titiknya yang berpusat pada hiasan bunga besar di perut.

Lalu bawahan dari gamis batik tersebut berupa rok span berwarna hitam dengan motif batik yang serupa dengan ukiran di kemeja si pria, sebagai tanda bahwa pakaian mereka merupakan busana pasangan. Kecocokan tersebut dapat disempurnakan dengan mengenakan sepatu, aksesoris dan juga hijab yang sesuai yang sebaiknya berwarna keperakan.

  1. Red On Fire

Mengenakan pakaian berwarna merah bagi pasangan dapat pula menyimbolkan betapa romantis hubungan mereka seperti gamis batik ini. Set pakaian pria berupa kemeja lengan pendek dilengkapi kerah dengan celana kain warna hitam. Sementara pakaian pasangannya berupa atasan lengan panjang dengan rok mengembang yang mana keduanya sama-sama berwarna merah menyala.

Motif batik pada kemeja dan atasan wanitanya sama persis, hanya saja untuk busana pasangannya tersebut disematkan semacam tali pinggang berwarna merah polos untuk kemudian membuat bagian bawah sabuk mengembang dengan layer ganda. Sementara bagian lehernya sendiri memiliki bentuk V-neck. Sayangnya, justru membuat busana ini kurang cocok dengan perempuan bertubuh bulat.

Jika hendak mengenakan busana gamis batik pasangan yang satu ini, sang wanita sebaiknya mengenakan hak tinggi berwarna merah atau hitam mengilap, sedangkan si pria menggunakan sepatu pantofel berwarna hitam. Karena warna yang sudah cukup kuat, sebaiknya tidak menambahkan terlalu banyak aksesoris yang tidak perlu agar tidak menjadi norak.

  1. Exclusive Maroon

Marun adalah warna merah yang lebih gelap. Ketika diaplikasikan untuk pakaian, maka bahan yang paling cocok adalah sutra karena akan menghasilkan busana cantik nan mewah seperti gamis batik pasangan berikut ini meskipun yang menggunakan campuran kain sutranya hanya busana sang perempuan karena memang model busana untuk si pria sangatlah terbatas.

Sebagaimana model pakaian pasangan yang lain, busana untuk sang pria berupa sebuah kemeja yang dipenuhi tenunan batik dengan warna putih yang sangat pas diukirkan di atas bahan utama kemeja yang berwarna merah. Meski tidak ada bedanya dengan kemeja lain yang berlengan pendek dan berkerah, corak batik tersebut memberikan vibe berbeda.

Sementara, busana untuk sang wanita di bagian atas agak mengingatkan seperti kimono yang memiliki belahan dada cukup rendah sehingga wajib menggunakan dalaman ketika menggunakan busana ini atau kerudung yang menutupi seluruh bagian dada. Bagian dada ke bawah dari busananya tertata apik layaknya rok batik khas Jawa yang sangat elegan.

  1. Green Couple

Gamis batik untuk pasangan berikut ini memiliki desain yang tergolong sederhana dan kurang lebih mirip dengan gamis batik couple yang telah dibahas di atas. Hanya saja, motif batik yang diukirkan lebih modern. Bagian kemeja pria dipenuhi dengan corak batik, begitupun atasan busana sang wanita. Bagian pinggang ke bawah dibiarkan polos.

  1. Light Blue

Busana pasangan berwarna biru yang ini memiliki bentuk, corak, dan desain yang kurang lebih sama dengan gamis batik green couple, hanya saja warna biru terkesan lebih netral, terutama biru gelap yang dijadikan pilihan. Warna biru dapat menjadi alternatif bagi yang kurang menyukai hijau yang bagi sebagian orang masih terlalu mencolok.

  1. Shanghai Chocolate

Jika pertama kali melihatnya mungkin gamis batik pasangan yang satu ini akan tampak sangat biasa dan membuat bingung mengapa diberi embel-embel Shanghai pada produknya. Rupanya, hal tersebut dikarenakan model kancing yang digunakan pada sang wanita, di mana memiliki kancing seperti pakaian tradisional Tiongkok berupa tali simpul warna hitam.

Selebihnya, pakaian pasangan ini dapat dijadikan pilihan untuk pasangan yang kurang menyukai corak ramai dan lebih pas digunakan menghadiri acara yang bersifat semi formal karena desainnya memang terlalu sederhana untuk menghadiri acara yang sangat resmi. Corak batik yang diukirkan di atas kedua busana pun berupa corak batik Jawa sederhana.

Pilihan Gamis Batik Untuk Anak

Selain untuk orang dewasa, gamis batik kini juga telah merambah pasar anak-anak, terutama anak perempuan. Gamis batik anak dapat menjadi pilihan busana untuk buah hati yang tidak harus memaksakan sekeluarga tampil mengenakan busana kembar yang kadang tidak disukai oleh anak. Banyak sekali referensi batik anak yang lucu, antara lain :

  1. Pinky

Gamis batik anak pertama sebagaimana pada gambar berupa satu set terusan gamis batik lengkap dengan jilbab instan berwarna senada yang membuat anak tampil chic.  Warna yang dipilih oleh produsen adalah pink atau merah muda yang banyak disukai oleh perempuan, terutama saat masih usia anak-anak, terutama usia 7-10 tahun seperti model.

Bagian pinggang ke bawah dibuat dengan model rumbai mengembang yang akan memberikan efek princess di mana model tersebut sangatlah disukai oleh anak perempuan. Motif batik dibuat dalam bentuk horizontal tepat di bagian tengah pakaian, dan memenuhi keseluruhan kerudung instan. Tidak lupa pula menggunakan sepatu warna pink yang lebih muda.

  1. Baby Pinky & Light Blue

Pink muda dan biru terang, terbuat dari katun jepang dengan efek mengkilap adalah spesifikasi gamis batik untuk anak dalam gambar berikut. Bagian atasan memiliki model yang seolah dipotong tepat pada pinggang untuk memberikan bentuk busana menyamping, padahal sebenarnya berupa busana terusan dengan bagian bawah lurus tanpa gelombang.

Untuk corak batiknya sendiri terdapat pada pergelangan dan pinggang bagian atas, serta keseluruhan pinggang ke bawah. Begitu pula jilbab instan yang sudah dijual sepaket dengan gamis batik anak tersebut. Untuk alas kaki, supaya memberikan sentuhan warna berbeda dapat memilih kombinasi warna hitam dan pink dengan model sandal bersandat.

 

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Fan Page
Bank Accounts
Expeditions
Download Aplikasi Batik S128