Home » Blog » Kain Batik Katun Harga Terbaik
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll
Posted in Kain Batik

Kain batik katun memang paling banyak diproduksi. Pengrajin batik tradisional, terutama, yang paling banyak memproduksi kain batik tersebut. Sementara untuk produsen batik pabrikan, bahan kain yang digunakan bermacam-macam seperti bahan semi sutra, satin, santung, katun dan lain-lain.

Mengapa pengrajin batik tradisional banyak memproduksi kain batik katun? Alasan pertama, terutama batik print, karena kain batik katun lebih mudah diproses dibanding dengan bahan lainnya, seperti paris, yang terlalu tipis/jatuh yang menyulitkan ketika diletakkan diatas meja print. Alasan kedua, karena kain batik katun lebih banyak peminatnya dibanding dengan bahan kain yang lain. Apalagi kain sutera karena harganya yang mahal, sehingga jarang diminati.

Saat ini, jenis batik print memang mendominasi hasil produksi para produsen batik tradisional. Walaupun berada di-grade paling rendah dibanding batik cap dan batik tulis, batik print paling banyak dicari oleh pecinta batik. Harga menjadi faktor penentu mengapa batik ini laku keras. Sehelai kain batik katun proses printing yang cukup untuk bahan kemeja atau atasan wanita dengan panjang 2 meter, harganya jauh lebih murah dibanding batik cap dan batik tulis. Perbedaan harga bahan kain yang signifikan inilah yang menjadikan batik print sebagai batik pilihan untuk seragam keluarga, kantor dan lainnya.

Kemudian, jenis batik apa yang dapat ditempa diatas kain katun ?

Sekilas sudah tergambarkan diatas bahwa batik print adalah salah satu jenis batik dengan harga terbaik, maksudnya termurah. Tersirat juga jenis batik lain yaitu batik cap dan batik tulis. Ya, semua jenis batik tersebut dapat ditempa diatas kain katun. Kemudian apa perbedaan dari jenis-jenis batik tersebut?

  1. Batik Printing
    Batik printing atau batik print alias batik cetak adalah salah satu jenis batik yang paling banyak diproduksi baik produsen pabrikan besar maupun pengrajin kecil. Produsen pabrikan menghasilkan batik print lebih banyak dibanding dengan pengrajin kecil. Pabrikan mencetak batik menggunakan mesin-mesin industri sehingga menghasilkan batik print dalam waktu yang singkat dengan jumlah yang sangat banyak, ratusan ribuan meter. Sedangkan pengrajin batik tradisional yang prosesnya mirip sablon dan hanya mengandalkan peralatan manual berupa plangkan, screen dan rakel. Hanya dapat menghasilan ribuan meter saja dalam sehari.
    Akan tetapi ribuan meter sehari yang dihasilkan oleh pengrajin batik tradisional itu, masih jauh lebih banyak hasilnya jika dibanding dengan proses batik cap dan batik tulis.Kain batik katun print
  2. Batik Cap
    Sebelum ditemukan teknik batik printing, teknik batik cap telah digunakan sebagai cara membuat batik yang lebih efektif dan efesien dibanding dengan batik tulis. Peralatan utama yang digunakan adalah cap atau stempel dari bahan tembaga dengan ukuran rata-rata 18x18cm untuk cap pokok dan 6x20cm untuk cap pinggiran. Cap atau stempel ini berfungsi sebagai pengganti proses tulis canting yang dilakukan dengan tangan. Dengan cara ini proses pembuatan batik akan lebih cepat dibanding dengan proses batik tulis.Batik Cap Bahan Katun
  3. Batik Tulis
    Batik tulis adalah jenis batik yang diproses dengan cara yang rumit. Semuanya menggunakan tangan atau handmade. Mulai dari sketsa motif, kemudian dilanjut dengan proses tulis menutuk motif dengan lilin atau malam, dan pewarnaan, semuanya dilakukan dengan tangan manusia dan dengan kesabaran tingkat tinggi. Bayangkan saja untuk menghasilkan selembar batik tulis berukuran 240 x 110 cm, diperlukan waktu 3-6 bulan. Apalagi motif batiknya detail dan warna yang dikehendaki banyak maka diperlukan waktu yang lebih lama lagi. Pengulangan proses tulis dan pewarnaan mungkin dilakukan berkali-kali. Untuk pewarnaan dengan warna alam seperti soga, indigo dan lainnya, juga dilakukan berulangkali yaitu proses warna dan jemur. Paling tidak untuk batik warna alam diperlukan 20 kali proses pencelupan warna dan jemur. Ketika musim hujan, proses tersebut dapat memakan waktu lebih lama lagi.Jarik batik tulis klasik motif soca

Berapa harga kain batik katun per meter?

Harga kain batik katun sangat beragam. Tegantung dari jenis bahan katun yang digunakan. Tergantung jenis batiknya. Untuk batik cap dan batik tulis biasanya tidak dijual per meter. Kain jenis tersebut biasanya sudah dalam bentuk potongan 2 meter, 2,4 meter atau 2,5 meter. Hal ini disebabkan dalam proses pembuatannya harus dipotong-potong untuk memudahkan pengerjaannya. Dan ukuran-ukuran tersebut adalah ukuran standart untuk membuat satu potong pakaian pria atau wanita. Satu potong blus atau atasan wanita diperlukan kain 2 meter. Sedangkan satu buah dress wanita diperlukan kain sekitar 2,4 atau 2,5 meter. Baju pria juga begitu. Satu buah kemeja pria pendek diperlukan kain 2 meter, sementara untuk kemeja lengan panjang diperlukan kain 2,4 meter atau 2,5 meter.

Bahan batik yang dijual per meter biasanya adalah batik printing. Batik printing pabrikan biasanya dijual dalam bentuk roll. 1 roll bisa 30 yard, 40 yard, 60 yard dan seterusnya. 1 Yard = 91,44cm atau biasa dipasar dibulatkan 1 yard=90cm. Sedangkan untuk batik printing hasil produksi pengrajin tradisional, panjang 1 roll bisa 20 meter atau 35 meter. Tergantung panjang meja kerja yang digunakan.

Harga 1 meter kain batik printing bahan katun permeternya antara 20 ribu sampai 35 ribu rupiah. Sedangkan harga batik cap antara 100-300 ribu rupiah, tergantung prosesnya. Apabila proses cap tulis (proses cap dilanjutkan proses tulis) akan lebih mahal lagi. Sementara harga per meter batik tulis sekitar 500 ribu keatas, semakin detail dan rumit motifnya harganya semakin mahal. Tentu pembelian dalam jumlah banyak atau grosir harga yang didapat kemungkinan lebih murah.

Berapa harga kain batik per meter di Jogja, Bandung, Solo, Surabaya, Jakarta dan kota-kota lainnya?

Harga-harga kain batik untuk tiap-tiap kota sangat mungkin berbeda. Ada satu faktor lagi yang mempengaruhi harga tersebut, yaitu harga distribusi. Harga batik printing di Solo, Jakarta, Surabaya dan Bandung di yakini lebih murah dibanding kota-kota lainnya. Asumsi ini didasarkan kepada kota-kota tersebut adalah tempat pabrik-pabrik tekstil sehingga distribusinya lebih murah. Tetapi untuk harga batik-batik dengan proses tradisional kemungkinan harga yang murah adalah kota-kota yang mempunyai pengrajin batik seperti Solo, Jogja, Pekalongan, Madura, Cirebon dan lain-lain.

Pembelian kain batik katun dapat dilakukan diwebsite ini. Website ini batik-s128.com menawarkan banyak sekali jenis kain batik. Baik batik printing, batik cap, batik cap tulis dan batik tulis. Harga yang murah terjangkau serta pelayanan yang ramah menjadikan toko batik solo ini menjadi pilihan para penggila batik baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Untuk mendapatkan diskripsi yang lebih jelas, klik saja gambarnya, kemudian akan tampil halaman dengan foto yang lebih besar. Dibawah foto tersebut akan terlihat deskripsi produk yang lebih lengkap seperti jenis batik, material/bahan yang digunakan, ukuran panjang dan lebarnya serta harga per potongnya.

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Bank Accounts
Expeditions
Download Aplikasi Batik S128