Home » Blog » Model Jahitan Baju Batik Pria terbaru
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll
Posted in Batik Pria

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Sebagai warisan budaya yang memiliki nilai seni terapan, Batik kini menjadi suatu tren berbusana yang tidak hanya memiliki peminat seantero nusantara saja, melainkan juga peminat dari dunia internasional. Sebagai buktinya, kita dapat melihat penampilan Denny Irawan, seorang desainer asal Indonesia yang mengusung tema batik pada pagelaran busana bertajuk New York Fashion Festival di awal 2016 silam. Selain itu, tak jarang pula kita melihat tokoh internasional tampil dengan bergaya busana batik di berbagai acara formal dan semi formal. Batik kini telah menjadi ragam busana bagi pengguna pria maupun wanita tanpa batasan usia. Bahkan terdapat Model Jahitan Baju Batik Pria terbaru yang sering berganti-ganti. Nah, sebelum kita menyelami hiruk pikuk tren batik dalam dunia busana dan fashion, alangkah baiknya kita menelaah terlebih dahulu asal muasal batik di tanah air tercinta kita ini.

 

Contoh Model Jahitan Baju Batik Pria terbaru

Contoh Model Jahitan Baju Batik Pria terbaru

Sudah bukan sekedar celetukan saja bahwa Ibu Kota Batik di Indonesia adalah Solo, bukan di Jogja dan bukan di Pekalongan. Namun, bukan berarti daerah lain selain Solo tidak memiliki kekayaan batik. beberapa daerah budaya seperti Yogyakarta, Pekalongan, Madura dan lain sebagainya tentu memiliki kekayaan Batik sendiri. Namun memang asal muasal tren batik diproduksi secara masif untuk segala kalangan sebagai busana memang diawali dari Solo, sedangkan daerah lain umumnya menggunakan batik sebagai bawahan pakaian adat mereka. Namun, seiring berjalannya waktu dan perkembangan mode pakaian yang dinamis, batik dari semua daerah di Indonesia kini dapat dikreasikan tidak hanya sebagai bawahan untuk melengkapi pakaian adat saja seperti kebaya, surjan, dan lain sebagainya melainkan juga sebagai kemeja, blus, atau bahkan gaun sekalipun. Mode pakaian yang dirancang menggunakan bahan batik pun beraneka ragam bentuk dengan variasi warna yang berbeda-beda pula. Selain itu, apabila di masa dahulu motif pakaian batik dirancang dengan filosofi khusus, kini motif batik justru banyak diciptakan dengan tidak hanya berlandaskan falsafah jawa, melainkan juga kreativitas kontemporer dan lain sebagainya.

Aneka Motif Batik yang Cocok digunakan sebagai Bahan Busana Pria

Sebelum menentukan cut clothing atau model jahitan baju batik pria terbaru, ada baiknya anda memilih dan memilah di antara sekian banyak motif batik. Beberapa model batik yang cocok anda gunakan sebagai bahan dasar busana pria antara lain:

Motif Sekar Jagad, merupakan salah satu motif batik tradisional yang sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu. Sekar jagad berasal dari Bahasa Jawa yang artinya adalah bunga semesta atau dapat diartikan sebagai peta dunia. Motif batik Sekar jagad ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Maksud dari motif bunga semesta memiliki makna keindahan yang memberi kesan pemakainya dapat membuat orang lain terpesona.

Motif Sidomukti asal Magetan, merupakan salah satu motif batik yang sangat cocok dijadikan sebagai bahan pakaian atasan pria. Biasanya, setiap daerah penghasil batik seperti Yogyakarta dan Solo memiliki motif Sidomukti khas masing-masing. Namun, uniknya motif Sidomukti asal Magetan menggunakan bentuk bambu sebagai motif dasarnya. Makna dari motif Sidomukti Magetan ini adalah pesan ketenangan dan kedamaian bagi pemakainya.

Motif keraton, merupakan motif eksklusif yang pada zaman dahulu hanya boleh dikenakan oleh keluarga sultan saja. Namun, motif keraton saat ini sudah dipakai oleh masyarakat luas bahkan dapat dikreasikan tidak hanya sebagai kain pelilit bawahan namun juga sebagai Model Jahitan Baju Batik Pria terbaru maupun juga untuk wanita.

Motif Batik Ciwuri. Batik ciwuri dahulu digunakan untuk menunjukkan derajat pemakainya. Batik ini biasa dikenakan saat upacara-upacara sakral seperti mitoni pada usia kehamilan tujuh bulan. Namun, motif batik ciwuri kini dapat dikreasikan sebagai busana bagi pria yang memberi kesan harmonis dan makmur.

Motif Batik Mega Mendung. Motif Batik yang menggambarkan bentuk awan secara artistik tradisional ini diyakini berasal dari Cirebon Jawa Barat. Motif batik ini kini sangat populer ditemui sebagai andalan kreasi busana batik, termasuk sebagai bahan Model Jahitan Baju Batik Pria terbaru. Motif mega mendung selalu pantas dikreasikan dengan berbagai warna, bisanya varian warna batik mega mendung yang populer adalah warna biru dan ungu.

Motif wayang. Meskipun wayang dikenal sebagai personifikasi karakter dalam budaya Jawa yang klasik, namun nyatanya motif wayang dalam dunia batik adalah karya kontemporer karangan desainer batik masa kini. Motif wayang umumnya digunakan dalam busana batik pria, dengan karakter wayang yang digambar dengan warna cokelat di atas kain berwarna putih atau hitam. Meskipun motif ini adalah inovasi kontemporer, namun menimbulkan kesan klasik dan anggun yang menambah aura kebagusan bagi pemakainya.

Aneka Model Jahitan Baju Batik Pria

berbicara tentang sejarah dan falsafah batik mungkin tidak akan pernah habisnya. oleh karena itu, langsung saja kita membahas mengenai mode pakaian yang terbuat dari batik khususnya baju batik untuk pria. Biasanya, model jahitan baju batik pria tidak banyak berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, biasanya perubahan mode pakaian batik pria lebih menonjol pada perubahan motif dan pewarnaan kain, bukan mode jahitannya. Namun, anda dapat mendapatkan model jahitan baju batik pria terbaru yang dipadu padankan dengan variasi warna dan motif. Berikut akan saya contohkan beberapa Model Jahitan Baju Batik Pria terbaru yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

Loose Fit, model jahitan batik pria ala loose fit berbentuk kemeja berlengan panjang dengan potongan loose fit. Ciri khas model kahitan baju batik loose fit ini terletak pada bagian kerah leher yang kokoh dan elegan sehingga menimbulkan aura eksklusif bagi pemakainya. Oleh karena itu, jahitan berbentuk loose fit ini dapat memberi kesan seolah-olah pemakaianya adalah seorang pejabat negara.

Slim Fit, model jahitan batik pria selanjutnya adalah slim fit. Model jahitan ini juga banyak diterapkan pada kain berbahan tenun, di mana baik batik maupun tenun sama-sama memberi kesan karakter yang kuat. Ciri khas jahitan slim fit adalah kerah yang kokoh dengan potongan badan slim fit. Potongan tersebut apabila dikenakan akan membuat bayangan ramping dan gagah pada pemakainya serta memberi aura kharismatik. Jahitan baju batik mode slim fit ini sangat pantas digunakan untuk karakter eksekutif muda pria.

Short Sleeves, model jahitan batik pada potongan Short Sleeves ini berbeda dengan potongan mode sebelumnya. Model Short Sleeves ini dirancang dengan bentuk kemeja berlengan pendek yang mengutamakan kenyamanan pemakainya. Selain itu, bentuk potongan batik Short Sleeves juga terkesan sederhana demi memberi kenyamanan pada ruang gerak pemakai saat mengenakannya. Oleh karena itu, potongan model Short Sleeves sangat cocok digunakan untuk pekerja kantor yang memiliki mobilitas tinggi atau dikenakan saat acara formal yang tidak terlalu berat sehingga pemakainya dapat tampil rapi dengan tetap nyaman.

Short Sleeves Plus, merupakan mode jahitan batik pria yang berupa kemeja dengan lengan pendek dan potongan tubuh yang sederhana. Pakaian batik dengan potongan jahitan short sleeves plus akan memberi kenyamanan pemakaian bahkan kepada seseorang yang memiliki lingkar perut lebar. Hal tersebut dikarenakan potongan short sleeves plus dibentuk dengan pola loose fit. Kendati demikian, potongan perwira plus juga cocok digunakan untuk berbagai acara formal dengan tetap nyaman dan rapi.

Nah, itulah dia beberapa Model Jahitan Baju Batik Pria terbaru yang pastinya dapat anda andalkan sebagai sumber referensi dalam memilih gaya yang indah tetapi tetap elegan. Percayalah bahwa meskipun anda mengenakan pakaian warisan budaya, anda akan tetap terlihat keren dan gaya tanpa meninggalkan kesan elegan. Baju batik pun dapat digunakan untuk berbagai acara mulai dari acara formal hingga acara nonformal atau santai. Tentu saja, anda harus menentukan model jahitan baju batik yang pas digunakan untuk masing-masing acara.

Deskripsi: Model Jahitan Baju Batik Pria terbaru dapat anda ketahui melalui katalog busana batik atau anda kreasikan sendiri. http://batik-s128.com/category/batik-pria/

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Bank Accounts
Expeditions
Download Aplikasi Batik S128