Home » Blog » Motif Batik Tulis yang Populer di Indonesia
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll

Batik dan motif batik tulis merupakan salah satu seni tradisional yang telah menjadi ciri khas Indonesia. Seni tradisional yang satu ini berupa kain yang digambar pola dengan cara khusus. Batik Indonesia sendiri telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu. Batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yakni ‘amba’ yang berarti menulis dan ‘titik’ yang bermakna titik. Jika digabungkan maka kurang lebih memiliki makna ‘menulis titik-titik’.

Motif batik tulis Solo makna penjelasan dan filosofinya, motif wahyu tumurun mengandung harapan turunnya anugerah dari Tuhan

Motif batik tulis Solo makna penjelasan dan filosofinya, motif wahyu tumurun mengandung harapan turunnya anugerah dari Tuhan

 

Motif batik tulis wahyu tumurun mengandung filosofi yang mendalam, konon dikukuhkan sebagai pakaian i’tikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan oleh Sultan Hamengkubuwana I di Yogyakarta.

Motif batik tulis wahyu tumurun mengandung filosofi yang mendalam, konon dikukuhkan sebagai pakaian i’tikaf pada 10 malam terakhir Ramadhan oleh Sultan Hamengkubuwana I di Yogyakarta.

Setiap daerah umumnya memiliki corak batik masing-masing. Tentunya setiap corak tersebut memiliki arti khusus yang dalam. Batik terdiri dari dua jenis jika dilihat dari cara pembuatannya. Pertama adalah batik tulis, yang sesuai dengan namanya dibuat secara manual menggunakan canting. Untuk menggambar pola pada kain, maka digunakan malam/lilin khusus. Kemudian proses pewarnaannya juga tidak sembarangan dan umumnya menggunakan zat-zat alami.

Motif batik tulis cendrawasih warna hitam putih saja, walaupun masih kelengan (warna dasar) tapi banyak disukai

Motif batik tulis cendrawasih warna hitam putih saja, walaupun masih kelengan (warna dasar) tapi banyak disukai

Ragam jenis Batik yang dibuat secara langsung ini umumnya memiliki harga yang lebih mahal dan proses pembuatan yang cukup lama. Kedua adalah batik cetak. Pembuatan batik yang satu ini cukup mudah karena langsung menggunakan alat untuk mencetak motif yang digunakan. Jika dilihat dari macam-macam motifnya, maka motif batik tulis memiliki banyak sekali ragam. Berikut ini adalah beberapa yang paling populer di Indonesia.

 

Motif batik tulis modern motif kipas, motif batik surakarta modern

Motif batik tulis modern motif kipas, motif batik surakarta modern

Motif batik tulis modern kipas tampak lebar

Motif batik tulis modern kipas tampak lebar

Ragam Corak Batik Tulis yang Populer di kalangan fashionista masa kini

  1. Motif Batik Sekar Jagad

Jenis motif batik tulis yang pertama adalah motif batik Sekar Jagad. Motif yang satu ini sangat khas di Indonesia dan berasal dari Jawa, tepatnya Yogyakarta. Batik ini sarat akan makna keindahan atau kecantikan yang membuat orang yang melihatnya menjadi terpesona. Selain itu, motif batik Sekar Jagad juga ditafsirkan sebagai bentuk dari pulau-pulau. Sesuai dengan namanya, yakni Sekar Jagad. Dalam bahasa jawa ‘Kar Jagad’ berarti peta dunia.

  1. Motif Batik Kraton

Motif batik tulis yang satu ini bisa dikatakan sangat eksklusif. Rakyat yang tidak memiliki kasta tidak diperbolehkan untuk memakai motif batik Kraton ini. Hanya sultan dan keluarganya yang diperbolehkan untuk memakai motif batik satu ini. Namun akhir-akhir ini, peraturan tersebut dicabut sehingga rakyat biasa sudah boleh memakai motif batik Kraton ini. Motif ini menjadi eksklusif karena penemunya merupakan putri-putri Keraton Yogya, yang merupakan keluarga dari Sultan. Banyak sekali model baju batik Kraton yang dimiliki oleh Keraton Yogya.

 

  1. Motif Batik Sidomukti Magetan

Sesuai dengan namanya maka anda bisa langsung mengetahui bahwa motif batik tulis yang satu ini berasal dari Magetan. Motif yang satu ini memiliki gambar dasar berupa bamboo. Serupa dengan batik-batik lainnya, maka biasanya batik Sidomukti Magetan dikenakan pada acara-acara resmi atau upacara adat. Tentunya motif batik tulis ini memiliki makna dan filosofi tersendiri. Motif batik Sidomukti Magetan memiliki makna berupa harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir batin.

  1. Motif Batik Kawung

Kita semua mungkin pernah mengenali motif batik Kawung tanpa mengetahui namanya. Motif batik tulis yang satu ini sering sekali dikenakan oleh orang-orang zaman dahulu. Mungkin termasuk juga kakek anda. Pasalnya, motif batik Kawung merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Dulunya motif ini hanya boleh dikenakan oleh orang-orang kerajaan sebagai kain sarung raja maupun permaisurinya. Motif Kawung ini menjadi gambaran dari buah kawung atau yang dikenal juga sebagai buah aren.

  1. Motif Batik Solo

Motif batik tulis memang kerap kali diberi nama sesuai dengan daerahnya. Misalnya seperti motif batik yang berasal dari Solo. Motif batik Solo dikenal juga sebagai batik sogan. Warna motifnya berwarna kecoklatan. Batik Solo masing menggunakan konsep tradisional dengan hanya menggunakan bahan-bahan alami sebagai pewarnanya. Batik Solo memiliki filosofi sebagai gelombang-gelombang dari sungai Bengawan Solo yang membawa ketenangan.

  1. Motif Batik Jepara

Masih satu daerah dengan Solo, selanjutnya adalah motif batik Solo. Motif batik tulis yang satu ini memiliki dua jenis yaitu motif lama dan motif baru. Motif batik Jepara lama memiliki pola dengan warna lung hitam, gajah coklat, flora dan fauna daun ulir hijau dan lainnya. Sedangkan batik baru Jepara merupakan jenis batik tulis yang banyak variasinya. Batik Jepara juga kerap kali mendapat sebutan sebagai Batik Kartini. Pemberian nama ini sesuai dengan julukan kota Jepara sebagai kota kelahiran ibu Kartini.

  1. Motif Batik Mega Mendung

Motif batik tulis yang satu ini bisa dikatakan cukup populer. Motif Mega Medung berasal dari Kota Cirebon dan telah menjadi ciri khas tersendiri. Memang Cirebon memiliki macam-macam motif batik. Tetapi motif batik Mega Mendung menjadi ciri khas kota mereka. Batik Mega Mendung diisi dengan pola-pola berbentuk awan dan memiliki warna yang gelap seperti biru dan merah tua, atau hijau.

  1. Motif Batik Malang

Di wilayah Jawa Timur, Malang juga memiliki motif batiknya sendiri. Motif batik tulis Malang dikenal dengan warna yang cenderung cerah. Misalnya seperti warna dasar biru yang lalu ditimpa dengan warna putih. Setelah itu ada juga warna putih yang ditimpa dengan warna merah. Rata-rata batik Malangan memiliki pola tanaman atau symbol kota Malang seperti candi-candi yang ada di dalamnya.

  1. Motif Batik Tasik

Di wilayah Jawa Barat, ada motif batik Tasik. Tanah sunda memang juga memiliki motif batiknya sendiri. Tentunya juga terdapat ciri khas dan filosofi tersendiri dari motif batik di Tasik ini. Motif batik tulis yang berasal dari Tasik umumnya berbentuk rerumputan, fauna, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan alam. Sedangkan untuk pewarnaannya, kebanyakan warna yang digunakan adalah biru, merah padam, serta coklat.

  1. Motif Batik Pekalongan

Pekalongan juga tidak kalah dengan motif batik tulisnya sendiri. Kebanyakan motif yang berasal dari Pekalongan dipengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan luar yang datang. Hal ini tidak lepas dari faktor perdagangan yang terjadi di kota Pekalongan. Kota yang satu ini memang cukup strategis sebagai lokasi perdagangan karena mudah dicapai dari segala penjuru. Motif batik tulis Pekalongan umumnya didominasi dengan macam-macam bentuk fauna. Kebanyakan juga didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan.

 

Motif batik tulis klasik parang ini banyak diproduksi oleh banyak daerah antara lain motif batik tulis solo, motif batik tulis jogja, motif batik tulis pekalongan, motif batik tulis cirebon

Motif batik tulis klasik parang ini banyak diproduksi oleh banyak daerah antara lain motif batik tulis solo, motif batik tulis jogja, motif batik tulis pekalongan, motif batik tulis cirebon

motif batik tulis solo, motif batik tulis jogja, motif batik tulis pekalongan, motif batik tulis cirebon

motif batik tulis solo, motif batik tulis jogja, motif batik tulis pekalongan, motif batik tulis cirebon

Itulah beberapa motif batik tulis yang sangat populer di Indonesia. Menarik bukan? Batik semakin diapresiasi setiap harinya oleh banyak orang. Sudah banyak instansi atau perusahaan yang menjadikan batik sebagai seragam wajib. Termasuk juga dengan institusi pendidikan. Anda juga bisa mulai mengenakan batik untuk kegiatan sehari-hari. Jangan sampai batik dicuri lagi oleh negara tetangga dan diklaim menjadi milik mereka. Warisan leluhur yang satu ini harus kita jaga dengan semestinya. Mulailah mengenali jenis-jenis batik tulis yang ada di Indonesia. Agar anda semakin dekat dan cinta dengan batik Indonesia. http://batik-s128.com/category/kain-batik/batik-tulis/

 

Motif batik tulis Truntum hasil karya Kanjeng Ratu Kencana (Permaisuri Sunan Paku Buwana III) mempunyai arti cinta yang tumbuh kembali. Beliau membuat motif ini untuk melambangkan cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin terasa subur berkembang (tumaruntum)

Batik tulis motif Truntum hasil karya Kanjeng Ratu Kencana (Permaisuri Sunan Paku Buwana III) mempunyai arti cinta yang tumbuh kembali. Beliau membuat motif ini untuk melambangkan cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin terasa subur berkembang (tumaruntum)

 

Motif batik tulis sinaran, motif modern kekinian, bagus untuk dibuat kemeja batik tulis pria dan blus atau dress batik tulis modern

Motif batik tulis sinaran, motif modern kekinian, bagus untuk dibuat kemeja batik tulis pria dan blus atau dress batik tulis modern

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Bank Accounts
Expeditions
Download Aplikasi Batik S128