Home » Blog » Tips Memilih Model Batik Pria Modern Terbaik
Jual Batik Modern, Klasik, Kontemporer, Tenun, Wanita, Pria, Anak-Anak, dll
Saturday, October 7th 2017. Posted in Batik Pria, Kemeja Pria

Batik merupakan salah satu busana tradisional Indonesia yang sudah melegenda sebagai salah satu warisan budaya yang agung dan terus di lestarikan. Tentu, hal ini merupakan salah satu nilai positif dalam kebudayaan Indonesia yang sudah mulai di akui oleh dunia. Sebagaimana kita lihat sekarang ini, batik sudah menjadi salah satu pakaian resmi dalam beragam acara dan bahkan masuk ke dalam salah satu pilihan seragam instansi. Anggota dewan dan pemerintah sudah mulai terbiasa untuk mengenakan batik ini. Jika anda ingin membeli batik, di pasaran terdapat banyak sekali pilihan, termasuk model batik pria modern. Seperti namanya, batik ini menawarkan kesan yang lebih stylish dan soft yang tentu saja cocok untuk pria baik kalangan muda maupun dewasa.

Model batik pria modern terbaru kekinian

Model batik pria modern terbaru kekinian

Banyaknya jenis batik dengan berbagai detail tentu membuat anda akan semakin leluasa untuk memilih batik mana yang menjadi idaman dan pilihan anda. Anda memang bebas dalam memilih namun akan lebih baik jika anda bersikap selektif dalam memilih. Batik yang beranekaragam tentu saja memiliki beberapa perbedaan yang mendasar sehingga akan mempengaruhi kualitas maupun kenyamanan batik tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam memilih batik modern terbaik. Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Memilih bahan batik

Hal paling pertama yang menjadi pertimbangan ketika anda hendak mencari batik pria terbaik adalah dengan memilih bahan batik tersebut. Ya, batik hadir dengan beberapa jenis kain yang berbeda. Perlu diketahui bahwa bahan kain batik tentu saja berbeda dengan bahan yang digunakan dalam pembuatan kaos oblong. Nah, ada beberapa bahan batik yang menjadi pilihan dalam pembuatan baju batik pria yang disediakan di pasaran. Beberapa bahan yang bisa di pertimbangkan adalah:

  1. a) Kain mori atau cambrics

Bahan pertama yang biasanya digunakan dalam pembuatan baju batik adalah kain mori atau cambrics. Ini adalah kain tenun yang terbuat dari kapas dan biasanya berwarna putih. Kain mori sendiri tersedia dalam dua pilihan yang berbeda, yaitu kain mori bleaching atau kain yang sudah mengalami proses pemutihan atau kain mori blacu yaitu kain mori yang belum mengalami proses pemutihan. Sebagian besar baju batik memang diproduksi dengan menggunakan kain ini karena kain mori memiliki tekstur yang halus yang akan memaksimalkan motif dari batik tersebut.

  1. b) Kain katun

Setiap orang tentu pasti sudah memahami tentang kain ini. Ya, kain katun menjadi salah satu bahan yang seringkali digunakan dalam pembuatan baju batik untuk pria. Penggunaan kain katun ini di dasarkan pada permukaannya yang halus dan teksturnya yang nyaman sehingga baju batik akan terasa ringan dan tidak panas ketika dikenakan. Dalam hal ini, ada beberapa tingkatan kain katun yang dibedakan dari kualitasnya. Adapun beberapa jenis kain katun yang digunakan antara lain katun grey, katun prima 70, katun prima super, dan katun prima mercerize sanforized.

  1. c) Kain paris

Jenis kain ketiga yang digunakan dalam pembuatan model batik pria modern adalah kain paris. Ini merupakan salah satu kain yang istimewa karena detailnya. Kain paris menjadi salah satu pilihan khas bagi mereka yang ingin mengenakan baju batik dengan kualitas super dan bahan yang lembut serta jatuh. Meskipun kain paris ini tergolong salah satu kain yang tipis, namun kain ini memiliki serat yang kuat.

Jenis batik yang digunakan

Selain bahan, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah jenis batik tersebut. Dalam pembuatan batik, terdapat beberapa metode berbeda yang digunakan. Tentu saja, beberapa metode tersebut akan mempengaruhi hasil dari baju batik yang dibuat. Nah, apa saja metode dalam pembuatan baju batik tersebut?

  1. a) Batik tulis

Seperti namanya, metode pembuatan model batik pria modern ini dilakukan dengan cara melukiskan cairan malam pada kain yang sudah disiapkan dengan membentuk pola tertentu. Alat bantu yang digunakan dalam metode ini adalah canting. Batik tulis merupakan batik dengan pengerjaan yang cukup lama dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, biasanya, batik tulis memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan batik lainnya.

  1. b) Batik cap

Metode kedua yang digunakan dalam pembuatan batik adalah dengan menggunakan cap. Ini adalah salah satu teknologi baru yang dikembangkan. Batik cap ini menggunakan canting khusus yang dibuat dari tembaga dengan konsep kerja seperti stempel. Meskipun masih menggunakan tenaga yang manual, metode pembuatan bahan model batik pria modern ini cenderung lebih cepat untuk menghasilkan sebuah baju batik.

  1. c) Batik sablon

Metode ketiga yang digunakan dalam pembuatan batik adalah batik sablon. Nah, ini adalah teknologi modern yang menjadi favorite bagi para pengusaha batik yang baru dalam membuat produk batik mereka. Bagaimana proses batik ini berjalan? Batik sablon dibuat dengan menggunakan mesin printing yang biasa dipakai untuk membuat kaos oblong konvensional. Pembuatan batik ini tidak menggunakan malam tetapi menggunakan pasta. Karena prosesnya yang sederhana dan cepat ini, batik sablon memiliki harga paling murah daripada jenis batik lainnya.

Memilih motif batik

Baju batik memang khas dengan motifnya. Banyak sekali jenis motif batik yang tersedia yang tentu saja bisa menjadi pilihan terbaik bagi anda. Motif dari batik harus menjadi bahan pertimbangan sebelum anda memilih baju batik idaman anda di pasaran. Dengan motif batik yang tepat, tentu saja kita akan mendapatkan baju batik terbaik yang tentu akan menunjang penampilan kita dengan sempurna.

Nah, ada beberapa jenis motif batik yang tersedia di pasaran yang tentu saja bisa menjadi bahan pertimbangan. Beberapa motif batik yang biasanya di pasarkan diantaranya adalah motif batik sekar jagad, motif batik sidomukti magetan, motif batik kraton, motif batik solo, dan lain sebagainya. Bandingkan beberapa motif batik yang ada dan pilihlah mana yang sesuai untuk penampilan anda.

Warna dan ukuran batik

Hal lain yang menjadi pertimbangan untuk mendapatkan baju model batik pria modern adalah warna dan juga ukuran batik. Warna menjadi sangat penting untuk di pertimbangkan karena akan memberikan pengaruh pada penampilan anda. Meskipun batik biasanya menggunakan warna cokelat, namun batik modern menyajikan warna lain yang bisa anda pilih dengan bebas.

Terkait ukuran, anda tentu disarankan untuk mengenakan batik dengan ukuran yang pas namun tidak terlalu ketat. Batik sejatinya adalah baju formal yang harus dikenakan dengan rapi dan teratur. Oleh karena itu, dalam memilih ukuran batik, jangan memilih ukuran yang terlalu press dengan badan anda.

Beberapa pertimbangan di atas akan membantu anda mendapatkan baju batik idaman sesuai dengan pilihan anda. Sebagai tambahan, dalam memilih model batik pria modern terbaik, usahakan anda juga memperhatikan brand dari baju tersebut karena brand akan mempengaruhi kualitas dari baju batik.

Deskripsi: model batik pria modern merupakan salah satu baju formal yang digemari dan merupakan budaya Indonesia yang wajib dilestarikan.

Selected Items For Sale

Kategori Utama
Seputar Batik
Download Aplikasi Batik S128
Fan Page
Bank Accounts
Expeditions