Batik Sidomukti Solo, Motif, Arti Dan Makna

Batik Sidomukti Solo

Motif-motif batik jawa terutama batik solo, banyak sekali yang sudah dikenal masyarakat. Terutama masyarakat jawa tentu tidak asing dengan nama-nama batik klasik seperti wahyu tumurun, truntum, sidoluhur, sidomukti, dan lain-lain.Motif batik sidomukti adalah salah satu motif batik yang populer.

Kepopuleran batik sidomukti karena motif ini sering dipakai dalam berbagai acara ritual pernikahan dari seserahan lamaran , ijab qobul sampai dengan waktu pelaksaan pernikahan.

Motif batik sidomukti

Motif batik sidomukti merupakan motif klasik dan konon sudah ada sejak jaman Paku Buwono IV. Motif batik Sidomukti dimodifikasi dari motif batik Sidomulyo yang konon dibuat sejak zaman Mataram Kartasura. Modifikasi yang dimaksud adalah dengan memasukan latar ukel, ornamen sawut dan cecekan pada bagian dalamnya.

Arti dan makna batik sidomukti

Arti dan makna yang dalam dari batik sidomukti, menjadikan motif batik yang satu ini populer dimasyarakat. Secara sederhana, sidomukti terdiri dari 2 kata yaitu sido dan mukti. Sido dalam bahasa jawa berarti menjadi, sedangkan mukti artinya medapatkan kebahagiaan lahir batin, kesuksesan, kemuliaan, dan kesejahteraan. Sehingga sidomukti dapat dimaknai sebagai harapan agar mendapatkan kebahagiaan lahir batin, kesuksesan, kemuliaan, dan kesejahteraan.

Penggunaan batik sidomukti

Oleh karena maknanya yang dalam itulah, batik sidomukti sering dipakai oleh pengantin dalam acara lamaran, siramana, ijab qobul dan pahargyan panggih (resepsi pernikahan). Dengan harapan agar pengantin akan mendapatkan kebahagiaan lahir batin, kesuksesan, kemuliaan, dan kesejahteraan.

Proses pembuatan batik sidomukti

Proses pembuatan batik sidomukti saat ini sangat beragam. Untuk harga yang murah meriah diproses dengan teknik print. Proses batik print atau cetak sangatlah sederhana, yaitu menggunakan alat rakel dan screen motif. Cara kerjanya mirip-mirip dengan sablon. Sebenarnya batik print itu bukanlah batik asli. Karena dalam prosesnya tidak menggunakan perintang. Istilah yang tepat adalah kain bermotif batik. Akan tetapi jenis batik ini banyak diminati karena harganya yang murah.

Selain itu batik sidomukti juga diproduksi dengan proses cap. Batik cap sidomukti ini termasuk asli karena menggunakan perintang malam/lilin dalam motifnya. Proses batik cap mirip-mirip stempel. Hanya saja tidak menggunakan tinta, melainkan menggunakan malam/lilin.

Tentu grade tertinggi adalah batik tulis sidomukti. Proses ini termasuk rumit dan lama. Apalagi dalam batik sidomukti terdapat isen (isian) yang detail, sehingga dalam proses pembuatannya diperlukan ketelitian dan ketelatenan. Konon, dahulu ketika pembuatan batik tulis ini, para pengrajin ketika membatik juga melakukan ritual doa dan puasa. Dengan harapan siapapun yang memakai batik tulis sidomukti pada saat menikah akan memperoleh “mukti”.

Adalagi proses kekinian yang ditemukan para pengrajin. Yaitu proses print cabut. Print cabut adalah proses pembuatan batik terbaru dengan cara mencabut warna dari mori/kain yang sudah diwarnai sebelumnya. Dalam perkembangannya print cabut ini juga digunakan sebagai dasar sketsa batik yang kemudian dilanjut dengan proses. Batik yang dihasilkan disebut kombinasi tulis atau semi tulis.

Jual batik sidomukti print/cetak
Batik sidomukti print/cetak. BELI

 

Jual Batik sidomukti Semi Tulis
Batik sidomukti Semi Tulis/Kombinasi Tulis. BELI

 

Jual batik tulis sidomukti
Batik tulis sidomukti, BELI
Batik sidomukti full tulis
Batik sidomukti full tulis. BELI

Jarik batik sidomukti

Semua batik jawa umumnya tersedia dalam bentuk jarik. Begitu juga dengan batik sidomukti yang digunakan untuk acara pernikahan, juga tersedia dalam bentuk jarik. Kain jarik adalah kain batik klasik yang sudah siap untuk dijadikan tapih (bawahan). Kaum perempuan jaman dulu, sebelum mengenal rok dan celana, mereka menggunakan jarik batik sebagai bawahan. Pun juga para pria, selain sarung, mereka juga menggunakan jarik batik. Termasuk jarik batik sidomukti.

Jarik batik perempuan jawa
Perempuan Jawa zaman dahulu mengenakan jarik batik. sumber: kaskus

Perbedaan batik sidomukti, sidomulyo dan sidoluhur

Pada dasarnya motif batik sidomukti hampir mirip dengan batik sidomulyo dan sidoluhur. Ketiganya mempunyai ornamen dasar motif geometris berbentuk jajaran genjang. Yang membedakan adalah batik sidomukti lebih rumit dengan isen titik-tiki dan ukel. Sedangkan batik sidomulyo dan batik sidoluhur mempunyai motif yang nyaris sama, hanya berbeda warna latarnya. Batik Sidomulyo berlatar putih untuk gagrak Jogja atau coklat soga untuk gagrak solo.

Batik sidomukti solo
Batik Sidomukti Solo, Kode Produk: KJ009AM, Bahan : Katun, Jenis: Batik Cabut Tulis, Ukuran: 240 x 110 cm. Beli via WA: klik ini

 

Batik Sidoluhur
Batik Sidoluhur, Kode Produk: KJ011AM,Bahan : Katun, Jenis: Batik Cabut Tulis, Ukuran: 240 x 110 cm. Beli via WA: klik ini

 

Batik sidoluhur grinsing
Batik sidoluhur grinsing,  Kode Produk: KJ007AM,Bahan : Katun, Jenis: Batik Cabut Tulis, Ukuran: 240 x 110 cm. Beli via WA: klik ini

 

Batik Sidomulyo
Batik Sidomulyo Gagrak Solo

 

Baju batik motif motif sidomukti

Selain dalam bentuk kain jarik. Batik sidomukti juga banyak dijahit menjadi kemeja pria dan baju batik wanita. Bagi pecinta batik klasik, baju batik sidomukti tentu sangat menyukai dan bangga ketika memakainya.

 

Baju batik sidomukti
Contoh Baju batik sidomukti
Rekomendasi:
Kain Batik Jarik Printing Moti
JP019AM
Jual Kain Batik Klasik Bahan J
JP008AM
Kain Jarik Batik Wirasat Untuk
KJ103AM
Batik Klasik Parang Jujuk, Bat
KJ061AM
Batik Sidoluhur Grinsing, Kain
KJ007AM
Batik Kain Motif Klasik, Batik
JP007AM
Batik Bokor Latar Ireng, Bahan
KJ016AM
Batik Klasik Halus Proses Prin
JP005AM
Batik Kain Untuk Jarik, Batik
JP031AM
Batik Lawasan Parang Anggur, B
KJ008AM