Jual Kain Batik Cap Tulis Motif Kekinian Asli Solo [K3749CT-200x105cm]

Size: 200x105cm
Rp170.000

Jual Kain Batik Cap Tulis Motif Kekinian Asli Solo / Batik Cap Tulis / Harga Kain Batik Cap / Batik Cap Motif Terbaru / Bahan Batik Cap

–Bahan dan ukuran lihat gambar/foto

Apa itu kain batik cap?
Kain batik yang dibuat dengan cara menyetempel kain dengan malam/lilin menggunakan alat yang disebut cap. Teknik ini termasuk inovasi yang semula hanya mengandalkan proses batik tulis yang memakan waktu cukup lama. Dengan cara stempel proses pembuatan batik menjadi lebih cepat dibanding dengan batik tulis dan tetap menggunakan perintang malam/lilin.

Apakah batik cap menggunakan kain mori?
Tentu saja batik cap menggunakan kain mori sebagai bahan dasar kain putihan. Kemudian cap/stempel dicelupkan/ditempelkan diatas malam/lilin cair panas kemudian distempelkan diatas kain mori tersebut.

Apa kelebihan dari teknik batik cap?
Apa kelebihan batik cap dibandingkan dengan batik tulis?

Dibanding dengan batik tulis, yang sama-sama menggunakan perintang lilin, pengerjaan dengan teknik batik jauh lebih cepat sehingga menghasilkan produk yang lebih banyak.
Kelemahannya motif yang dihasilkan tidak seperti batik tulis yang bebas seperti melukis, batik cap motifnya akan berulang sesuai dengan luas alatnya. Seperti berulangnya motif keramik.

Pertama kali disiapkan kain mori/putihan sebagai bahan untuk batik cap. Pilih motif yang diinginkan dari cap/stempel yang biasanya terbuat dari tembaga. Cairkan malam atau lilin dengan cara memanaskannya. Lalu celupkan permukaan cap/stempel tersebut kedalam lilin panas yang sudah mencair tersebut. Kemudian lakukan menyetempelan kain mori tersebut secara berulang sehingga seluruh permukaan kain tertutup oleh lilin. Proses akhir melakukan pewarnaan dan diakhiri dengan proses nglorot yaitu melepaskan lilin/malam dari kain mori dengan cara menyelupkannya kedalam air panas.
Tentu saja batik cap menggunakan lilin atau malam sebagai perintang.
Apa yang dimaksud batik cap tulis?
Satu lagi proses yang unik dari pembuatan batik yaitu batik cap tulis atau batik cap kombinasi tulis. Dari istilahnya proses tersebut dibagi 2 yaitu proses batik cap dan proses batik tulis. Pertama-tama yang dilakukan adalah proses batik cap kemudian dilanjut dengan penghalusan atau dikenal dengan istilah kesik dengan cara ditulis dengan canting menggunakan lilin.
Rekomendasi:
Batik Kain Solo Halus, Batik J
K3025CT
Bahan Batik Cap Tulis Katun Ad
K3750CT
Batik Kain Motif Bagus Warna E
K1891CT
Kain Batik Modern Motif Kupu W
K2806CT
Pusat Belanja Produk Batik Onl
K3313CT
Batik Kain Halus Modis Untuk S
K2252CT
Kain Batik Istimewa Kwalitas P
K2292CT
Batik Bahan Hem, Kain Batik Ca
K1931CT
Batik Parang Klasik Warna Eleg
K2443PM
Batik Halus Motif Klasik Nan M
K2482CT

Leave a Comment